Pengguna Aplikasi Video Conference Imbas WFH di RI Meningkat

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 05:11 WIB
Penggunaan aplikasi video conference saat bekerja dari rumah seperti Zoom dan Google Hangouts meningkat signifikan selama WFH imbas corona. Ilustrasi kerja di rumah dan rapat lewat video conference imbas corona. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL Axiata mencatat kenaikan trafik data pengguna aplikasi video conference saat bekerja dari rumah (work from home/WFH) imbas virus corona. Dia aplikasi tersebut yaitu Zoom dan Google Hangouts yang dilaporkan meningkat 20 hingga 23 persen.

Menurut Plt Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa kenaikan trafik data itu cukup signifikan. Sebab, dua aplikasi tersebut bisa dibilang jarang digunakan sebelum pandemi Covid-19.

"Zoom dan Google Hangouts, hampir semua layanan video conference (konferensi video) itu kenaikannya signifikan sekitar 20 sampai 23 persen. Sebelumnya jarang orang yang pakai, sekarang banyak yang pakai jadi kenaikannya cukup signifikan," kata Gede lewat video streaming, Senin (23/3).


Sebelumnya, perusahaan mesin pencari Google mengumumkan pengguna G Suite dan G Suite for Education bisa menggunakan fungsionalitas Hangouts Meet Premium secara gratis. Kebijakan itu dikeluarkan imbas virus corona yang merebak ke puluhan negara.


Hangouts Meet Premium bisa digunakan secara gratis hingga 1 Juli 2020. Layanan ini digratiskan demi memberikan kesempatan kepada setiap individu berpartisipasi dalam pertemuan virtual dengan 250 orang dan streaming langsung hingga 100.000 pemirsa.

Selain itu, pengguna juga dapat menyimpan rekaman pertemuan ke Google Drive secara gratis.

Sementara aplikasi Zoom, aplikasi ini memungkinkan untuk melaksanakan rapat secara online. Aplikasi ini dikembangkan oleh Zoom.us.

[Gambas:Video CNN]

Di Play Store, Zoom Cloud Meeting telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dengan rating 2.4.

Pengembang mendesain aplikasi ini secara gratis dan memungkinkan melakukan rapat online sampai 100 partisipan. Pengguna jua dapat mengirimkan teks saat rapat sedang berlangsung.

Selain itu, pengguna juga dapat menjadwalkan rapat lewat fitur Schedule (jadwal). Tak hanya berupa aplikasi, Zoom Cloud Meeting juga dapat bekerja pada perangkat Windows dan Mac.

(din)