Aplikasi Qlue Warisan Ahok Bantu Tangkal Virus Corona

Jonathan Patrick, CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 10:19 WIB
Aplikasi Qlue Warisan Ahok Bantu Tangkal Virus Corona Ilustrasi aplikasi informasi penyebaran corona. (Foto: Fajrian Bambu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi pengaduan yang dibuat masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Qlue bersama beberapa startup Indonesia lainnya di bawah MDI Ventures seperti Kata.ai, Qiscus, dan Volantis akan membuat platform berbasis integrasi data, chatbot, dan pelaporan warga terkait perkembangan virus corona (SARS-CoV-2) yang dapat diakses oleh publik.

CEO Qlue, Rama Raditya, menjelaskan Qlue menambahkan tiga kategori baru di dalam aplikasi Qlue sehingga masyarakat dapat melaporkan berbagai hal terkait virus corona.

Laporan dari masyarakat akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang dapat diakses oleh publik di dashboard https://indonesiabergerak.com/laporan-warga.


"Qlue mengaktifkan ekosistem smart city dengan menyediakan QlueApp sebagai platform warga untuk melaporkan dan memantau perkembangan Covid-19, " kata Rama dalam siaran pers dikutip Senin (23/3).

Selain itu, laporan masyarakat akan diintegrasikan dengan data-data lainnya. Integrasi ini membantu masyarakat untuk melihat sebaran virus corona di seluruh Indonesia, mengurangi penyebaran corona dengan laporan kerumunan masyarakat, dan melihat data rumah sakit yang penuh.

Qlue juga meluncurkan aplikasi QlueWork yang berfungsi manajemen tenaga kerja untuk petugas BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) di lapangan.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Kepala BNPB, Doni Monardo mengatakan partisipasi dari Qlue dan startup anak bangsa lainnya membantu BNPB dalam memberikan pemahaman dan informasi yang cepat, akurat, dan transparan kepada masyarakat.

Doni mengatakan partisipasi masyarakat dalam melaporkan suspect corona, kerumunan masyarakat yang dapat berpotensi menyebarkan virus corona, hingga data rumah sakit yang penuh dibutuhkan BNPB sebagai data untuk analisis. Analisis ini akan menentukan langkah selanjutnya dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

"Inisiatif startup karya anak bangsa ini akan membantu BNPB membuat kebijakan strategis dalam mengatasi pandemi Covid-19. Kolaborasi BNPB bersama Qlue ini telah kami rintis sejak 2017 lalu untuk mempercepat proses pemulihan pasca bencana di seluruh Indonesia," kata Doni.

Managing Partner MDI Ventures, Kenneth Li mengatakan dalam waktu singkat akan mempersiapkan Qlue dan startup lainnya di bawah MDI Ventures untuk berkolaborasi menyiapkan sebuah platform yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan perkembangan informasi secara real time.

Platform juga membuat masyarakat bisa berpartisipasi dalam melaporkan perkembangan virus corona di lingkungannya.

"Dengan menggabungkan inovasi teknologi dari Qlue, Kata.ai, Qiscus, dan Volantis, masyarakat Indonesia bisa bergerak dengan melaporkan berbagai isu terkait Covid-19 melalui aplikasi QlueApp atau memantau potensi wilayah pandemi Covid-19 melalui platform https://Indonesiabergerak.com," kata Kenneth. (jnp/mik)