Daihatsu Indonesia Pelajari Setop Produksi Imbas Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 13:48 WIB
Sejauh ini Indonesia merupakan negara dengan tingkat kematian tertinggi akibat virus corona di kawasan Asia Tenggara. Ilustrasi pabrik perakitan mobil di Indonesia. (Dok. Mitsubishi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua produsen mobil besar di Indonesia, Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempelajari menghentikan sementara operasi pabrik di dalam negeri buat menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

ADM memiliki lima pabrik di yang terletak di Jakarta dan Jawa Barat, yaitu Sunter Assembly Plant, Sunter Press Plant, Karawang Casting Plant, Karawang Engine Plant dan Karawang Assembly Plant. ADM yang mempekerjakan sekitar 11 ribu orang bukan hanya memproduksi mobil merek Daihatsu seperti Ayla, Xenia, dan Terios tetapi juga menghasilkan mobil merek Toyota seperti Agya, Avanza, dan Rush.

"Masih dipelajari," kata Direktur Marketing ADM saat ditanya kemungkinan menghentikan sementara jalur produksi.


Penghentian sementara operasi pabrik telah dilakukan berbagai produsen otomotif di Amerika Serikat, Italia, Inggris, dan Jepang guna mengantisipasi penyakit Covid-19.

Jaguar Land Rover dan Bentley telah menyatakan berhenti produksi di Inggris. Volkswagen melakukannya di Eropa dan Meksiko, Ferrari dan Lamborghini di Italia, Tesla di Amerika Serikat, dan Suzuki juga demikian di India.

Toyota sudah menyatakan menghentikan sementara jalur produksi di seluruh pabrik di Amerika Utara dan yang terkini di Takaoka, Jepang usai karyawannya dinyatakan positif Covid-19. Produksi dihentikan mulai 23 Maret hingga 25 Maret untuk dilakukan disinfektan di pabrik Takaoka.

Toyota juga memiliki empat pabrik di Indonesia yang dioperasikan TMMIN. Dua pabrik itu berlokasi di Sunter yang memproduksi produk stamping dan mesin sedangkan dua pabrik lainnya berada di Karawang untuk merakit kendaraan seperti Yaris, Sienta, Innova, dan Fortuner.

Pihak TMMIN menyatakan saat ini produksi tetap berjalan dengan menjaga kesehatan dan keamanan karyawan seperti menerapkan penyesuaian produksi dan self declaration system.

[Gambas:Video CNN]

"Kami telah dan akan mengambil tindakan yang diperlukan sesuai dengan arahan dan aturan dari pihak yang berwenang," kata Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam.

Saat ini Indonesia merupakan negara dengan jumlah kematian tertinggi akibat Covid-19 di kawasan Asia Tenggara. Per 22 Maret, total ada 514 pasien positif Covid-19, 48 orang di antaranya meninggal dunia dan 29 orang sembuh. (fea/fea)