IBM Buat Komputer Super untuk Temukan Vaksin Corona

CNN Indonesia
Selasa, 24 Mar 2020 07:23 WIB
IBM merancang supercomputer dengan otak kecerdasan buatan (AI) yang mampu menjalankan ribuan simulasi terkait penyembuhan virus corona. Ilustrasi komputer. (Pixabay/kropekk_pl)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan komputer asal Amerika Serikat, International Business Machines Corporation atau IBM merancang supercomputer dengan otak kecerdasan buatan (AI) yang mampu menjalankan ribuan simulasi untuk menganalisis senyawa obat yang efektif menghentikan infeksi virus corona (SARS-CoV-2).

Supercomputer yang dinamakan IBM ini telah mengidentifikasi 77 senyawa obat tersebut. Jumlah ini adalah langkah menjanjikan untuk menciptakan vaksin virus corona.

Para peneliti di Oak Ridge National Laboratory, di mana Summit ditempatkan telah menerbitkan temuan mereka dalam jurnal ChemRxiv .  


Summit menjalankan simulasi atom dan partikel dalam protein virus akan bereaksi terhadap senyawa yang obat berbeda. Supercomputer menjalankan simulasi lebih dari delapan ribu senyawa yang dapat mengikat protein lonjakan virus. Pengikatan dapat membatasi kemampuannya untuk menyebar ke sel inang.


Summit mengidentifikasi 77 dari mereka dan memberi peringkat pada senyawa berdasarkan seberapa besar kemungkinan mereka mengikat lonjakan virus.

Summit awalnya didorong oleh Departemen Energi AS pada tahun 2014 untuk tujuan memecahkan berbagai masalah dunia.

[Gambas:Video CNN]

Supercomputer punya kekuatan 200 petaflops, yang berarti ia memiliki kecepatan komputasi 200 kuadriliun perhitungan per detik. Kecepatan komputasi ini 1 juta kali lebih kuat daripada laptop dengan kecepatan processing tercepat.

Tim di Oak Ridge National Laboratory akan menjalankan simulasi di Summit dengan menggunakan model lonjakan virus corona yang lebih akurat.

(jnp/DAL)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER