Gaikindo: Tidak Ada Arahan Setop Produksi Mobil Imbas Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 15:13 WIB
Gaikindo: Tidak Ada Arahan Setop Produksi Mobil Imbas Corona Ilustrasi pabrik mobil. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asosiasi pelaku industri otomotif besar di dalam negeri, Gaikindo, menyatakan sejauh ini tidak ada arahan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait menghentikan pabrik perakitan mobil di Indonesia buat penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengimbau masyarakat bekerja dari rumah (work from home) buat mengantisipasi penyebaran Covid-19. Hal itu kemudian diikuti kebijakan daerah, misalnya di Jakarta telah memberhentikan sekolah, kemudian menghentikan izin keramaian.

Pabrik merupakan salah satu area pekerjaan yang melibatkan ratusan, bahkan ribuan orang. Kebanyakan pabrik otomotif berada di Jakarta dan Jawa Barat, dua provinsi ini adalah area yang paling banyak terdata pasien positif Covid-19 di Indonesia.


Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 514 orang, sebanyak 48 orang di antaranya meninggal dunia, dan 29 orang dinyatakan sembuh.

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, Kemenperin tidak pernah menyatakan pabrik otomotif di dalam negeri mesti berhenti karena Covid-19. Dia juga bilang pihaknya tidak pernah merekomendasikan hal itu kepada para anggotanya.

"Tidak ada imbauan untuk setop produksi ... Produksi memang tergantung masing-masing merek. Kita tidak mengarahkan hal tersebut, itu disesuaikan dengan kebijakan pemerintah saja," kata Nangoi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (23/3).

[Gambas:Video CNN]

Gaikindo saat ini memiliki 47 anggota yang sebagian besar merupakan perakit kendaraan. Salah satu anggota, Astra Daihatsu Motor, menyatakan mempelajari opsi pemberhentian operasi pabrik imbas Corona.

Sementara Toyota Motor Manufacturing Indonesia menjelaskan telah melakukan berbagai langkah yang mengedepankan keselamatan dan keamanan pekerja sambil tetap mengoperasikan pabrik.

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi pejabat tinggi Kemenperin divisi Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika namun belum ada respons.


Gaikindo: Tidak Ada Arahan Setop Produksi Mobil Imbas CoronaWaspada Virus Corona. (CNN Indonesia/Fajrian)

Menghentikan pabrik sudah dilakukan berbagai merek di banyak negara. Beberapa fasilitas pabrik Toyota di Jepang dan Amerika Utara telah dinyatakan berhenti sementara.

Ferrari dan Lamborghini telah menghentikan produksi pabrik di Italia untuk sementara waktu. Jaguar Land Rover dan Bentley juga telah melakukannya di Inggris, Volkswagen di Eropa dan Meksiko, Tesla di Amerika Serikat, serta Suzuki, Tata, Mercedes-Benz, Mahindra di India. (fea)