Kisah Kedai Sop di Makassar yang Laris Berkat GrabFood

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 09:33 WIB
Selain selalu buka 24 jam setiap hari, Kedai Sop Saudara didaftarkan GrabFood oleh sang pemilik sehingga selalu ramai didatangi pengunjung. Ilustrasi coto makassar (Foto: Istockphoto/Herwin Bahar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbicara tentang kuliner Makassar rupanya tak berhenti di coto yang khas. Ada kudapan berkuah lain yang sayang untuk dilewatkan ketika ke Makassar yakni sop 'tradisional' Saudara Irian.

Jika Anda berjalan-jalan ke salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan, tepatnya di Pangkep, mudah sekali menemukan Sop Saudara Irian yang terkenal dengan racikan bahan yang khas. Dinamakan Sop Saudara Irian karena sop ini didirikan oleh dua bersaudara, tepatnya 50 tahun lalu.


Mulanya Sop Saudara ini terletak di kawasan bernama Jalan Irian, namun sekarang Jalan Irian telah berubah menjadiJalanWahidinSudiroHusodo. Kendati demikian, ketenaran Sop Saudara Irian tak pernah berubah.

Sop Saudara Irian sebenarnya tak berbeda dengan sop khas Sulawesi Selatan pada umumnya. Namun yang buat spesial berisi campuran daging, kikil, hati, paru, menjadi sangat terkenal kelezatannya karena diperkaya dengan laksa serta kentang goreng berbentuk bola-bola kecil. Belum lagi ditambah dengan perasaan jeruk nipis dan sambal sebagai pelengkap.


Racikan bumbu rempah-rempah yang menyatu dalam kuah, membuat Sop Saudara terasa segar dan menggoda. Ditambah seporsi nasi serta taburan emping dan telur asin, yang semakin menggiurkan selera makan.

Selain hidangannya yang lezat, ada hal lain yang membuat sop ini unik dan menjadi daya tarik bagi pembeli. Meski hampir serupa dengan hidangan berkuah khas Makassar lainnya, seperti coto maupun pallubasa, warung Sop Saudara Irian tak kalah ramai dikunjungi pelancong kuliner.

Kedainya selalu buka tak pernah tutup alias buka 24 jam setiap hari. Tak cuma itu, sang pemilik yang mendaftarkan kedainya di GrabFood juga merasakan bahwa kedainya makin laris. Ketika orang tak sempat mampir, tapi masih bisa tetap order lewat aplikasi. Dua kunci ini yang membuat Sop Saudara tak pernah sepi peminat dan orang terus saja berdatangan.


Jika Anda tak sabar ingin mencicipi lezatnya kuliner Sop Saudara Irian, cukup datang ke Jalan Wahidin Sudiro Husodo, lalu cari Pasar Sentral dan Lapangan Karebosi.
Anda tidak perlu takut tersesat. Cukup minta antar naik GrabBike atau GrabCar ke lokasi Sop Saudara Irian dan Anda bisa sampai dengan mudah. Nah, jika Anda menemukan warung yang ramai di belakang salah satu bank besar di Sulawesi Selatan, berarti Anda sudah sampai.

Apabila tidak sempat makan langsung di tempat, tak ada salahnya pesan via GrabFood. Sop Saudara Irian juga sangat pas jika dijadikan oleh-oleh khas Makassar.
(fef)