Raksasa Otomotif Italia Disebut Bantu Produksi 1 Juta Masker

CNN Indonesia | Kamis, 26/03/2020 13:35 WIB
Fiat Chrysler Automobiles dilaporkan bakal memanfaatkan salah satu pabriknya di Asia memproduksi masker untuk menangani Covid-19 di Italia. Ilustrasi produksi masker. (AFP/SAM YEH)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raksasa otomotif blasteran Italia dan Amerika Serikat, Fiat Chrysler Automobiles (FCA), bakal membantu penanganan wabah virus corona (Covid-19) dengan memproduksi masker. Serikat pekerja UILM menjelaskan CEO FCA Mike Manley telah mengungkapkan hal tersebut ke para pekerja.

Dikabarkan Automotive News, Senin (23/3), Manley menjelaskan salah satu fasilitas pabrik di Asia akan dikonversi memproduksi masker dengan target 1 juta masker per bulan dalam beberapa pekan ke depan.

Produksi masker itu menambah upaya FCA dan Ferrari membantu Italia yang sedang berusaha menambah produksi peralatan kesehatan seperti ventilator. Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang bisa menyelamatkan pasien positif Covid-19.


FCA dan Ferrari, entitas yang dikontrol Exor, perusahaan investor yang dimiliki keluarga Agneli, dikatakan sedang melakukan diskusi dengan produsen ventilator terbesar di Italia, Siare Engineering.

FCA telah menghentikan sementara pabrik mereka di banyak negara untuk merespons penanganan Covid-19 dan konsekuensi minimnya permintaan mobil baru. Ferrari juga sudah melakukan hal yang sama di dua fasilitas produksinya di Italia.

[Gambas:Video CNN]

"Kami perlu terus menggunakan rencana menutup pabrik dengan melengkapinya dengan perlengkapan yang dibutuhkan untuk menghadapi situasi darurat," kata Gianluca Ficco, representatif UILM.

FCA sampai saat ini belum memberikan komentar terkait produksi masker di Asia.

Raksasa Otomotif Italia-AS Disebut Bantu Produksi MaskerFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
(fea)