KONSULTASI OTOMOTIF

Meraba Batas Putaran Mesin yang Bikin Irit Bahan Bakar

fea, CNN Indonesia | Minggu, 29/03/2020 15:15 WIB
Meraba Batas Putaran Mesin yang Bikin Irit Bahan Bakar Ilustrasi mengemudi. (Jan Vasek/Jeshoots)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertanyaan: Berapa batas putaran mesin (revolution per minute/rpm) terbaik agar mendapat konsumsi bahan bakar yang minimum dengan laju maksimum?

@marcelsuandi

Pertanyaan ini tidak dapat dijawab secara langsung karena setiap mobil mempunyai rancangan sendiri-sendiri terkait torsi puncak yang dihasilkan mesin.


Untuk itu coba kemudikan kendaraan dalam situasi lalu lintas yang lancar dan dikendarai dengan gigi persneling mendekati gigi maksimum dan di gigi maksimum yang mana mobil terasa bertenaga dengan injakan pedal gas sedikit.

Di sekitar putaran rpm tersebutlah akan didapat torsi puncak.

Ada trik yang bisa diterapkan agar konsumsi bahan bakar bisa didapat lebih hemat pada saat di jalan tol, yaitu dari pada menginjak pedal gas sedikit untuk berakselerasi, sering kali akan didapat konsumsi bahan bakar yang lebih hemat apabila berakselerasi lebih cepat hingga mendapatkan kecepatan yang diinginkan dan setelah itu pedal gas ditahan untuk mempertahankan kecepatan.

Pada umumnya mempertahankan rpm di bawah 2.500 bisa membantu konsumsi bahan bakar yang lebih hemat.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia. (fea)


BACA JUGA