Update Corona, VW dan Audi Ubah Logo Jadi 'Social Distancing'

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 03:19 WIB
Update Corona, VW dan Audi Ubah Logo Jadi 'Social Distancing' Logo Audi diubah menjadi 'social distancing'. (Dok. Audi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua merek mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) dan Audi melakukan kampanye pemasaran kreatif pada masa wabah virus corona (Covid-19) yang telah mendunia. Keduanya mengubah logo masing-masing hingga berjarak buat mengingatkan masyarakat atas imbauan social distancing.


Logo ikonis Volkswagen dengan huruf 'V' dan 'W' yang diletakkan bertumpuk di dalam lingkaran diubah sehingga kedua huruf itu berjauhan. Perubahan itu disampaikan dalam bentuk gambar bergerak yang diunggah di akun media sosial.

"Kami adalah #Volkswagen. Terima kasih menjaga jarak sosial Anda," tulis unggahan itu.


Menurut bahasa Jerman, 'volks' artinya masyarakat dan 'wagen' berarti mobil. Logo VW telah digunakan Volkswagen sejak 1937 ketika logo itu masih terinspirasi bendera Nazi dan simbol swastika.



Sedangkan Audi melakukan hal yang serupa namun beda cara. Logo Audi berupa empat cincin yang menyatu dibuat merenggang sehingga masing-masing cincin punya jarak.

Empat cincin pada logo Audi merupakan simbol empat perusahaan, yaitu Audi, DKW, Horch, dan Wanderer. Empat perusahaan itu bergabung pada 1932 untuk membentuk Audi AG.




Volkswagen dan Audi merupakan dua anak perusahaan Volkswagen AG, grup otomotif terbesar di Jerman yang selalu balapan dengan Toyota soal penjualan mobil terbanyak di muka bumi. Volkswagen telah menutup pabrik di China, Amerika Serikat, Jerman, dan sebagian besar fasilitas di Eropa karena efek Covid-19. (fea)