Play Station 5 dan XBOX X Tetap Rilis Kala Corona

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 11:20 WIB
Play Station 5 dan seri XBOX X disebut tetap dirilis Sony sesuai jadwal meskipun pandemi virus corona (Covid-19) terjadi saat ini. Ilustrasi Play Station 5. (Viktor Hanacek/Picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony memastikan akan tetap merilis produk baru mereka yaitu Play Station 5 dan seri XBOX X sesuai jadwal meskipun pandemi virus corona (Covid-19) tengah berlangsung.

Meski begitu, Sony mengatakan kemungkinan akan ada keterlambatan dalam meluncurkan produk gim pertama dari pengembang studio gim yang telah melakukan kemitraan dengan mereka.

"Sony memperkirakan bahwa tidak akan ada dampak material pada bisnis kami saat ini," kata perwakilan Sony dikutip T3.


"Meskipun sejauh ini tidak ada masalah, kami secara hati-hati telah memantau risiko keterlambatan jadwal produksi untuk judul perangkat lunak gim pada pengembang studio gim pihak pertama maupun mitra kami, terutama di Eropa dan AS," sambungnya.

Berdasarkan rencana Sony, konsol gim dan seri XBOX X bakal diluncurkan pada akhir tahun 2020. Sebelumnya, seorang analis senior dari Niko Partners, Daniel Ahmad sempat mengatakan bahwa PS5 dan seri XBOX X akan ditunda peluncurannya.

Sebab Ahmad menilai pandemi virus corona ini menyebabkan ketidakpastian ekonomi yang berdampak cukup besar.

"Ada kemungkinan kuat bahwa satu atau kedua produk tidak akan meluncur tahun 2020. Jika tetap diluncurkan, kemungkinan bakal mempengaruhi pasokan yang dibatasi dan penetapan harga awal bisa lebih tinggi," kata dia dikutip Forbes.

"Karena saat ini ekonomi berada dalam keadaan ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya," sambung Ahmad.

[Gambas:Video CNN]

Meski begitu, Ahmad memprediksikan akan ada peningkatan permintaan konsumen yang sangat tinggi ketika kedua produk anyar Sony diluncurkan. PS5 sebetulnya sempat dijabarkan saat pameran elektronik terbesar dunia CES 2020 di Las Vegas, Amerika beberapa waktu lalu.

CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan pun mengungkapkan logo terbaru PS5.

Menyoal spesifikasi singkat PS5, konsol gim ini disebut-sebut memiliki atasan berbentuk V yang artinya lima menurut angka Romawi. Selain itu, ukuran konsol gim ini tampak lebih besar dibanding PS4 bahkan Xbox One X.

PS5 mengandalkan cipset grafis AMD (Advanced Micro Devices) untuk mendukung teknik ray-tracing demi menghasilkan grafis gim yang lebih baik. Tak hanya itu, cipset AMD juga memiliki hard drive SSD yang memungkinkan pengguna dapat mengakses gim lebih cepat.

Sejumlah analis pasar mengatakan PS5 akan dibanderol US$499 atau sekitar Rp8,17 juta (US$1 = Rp16,395).

(din/DAL)