Dilarang Mudik, Berikut Aplikasi Video Call Ucapan Mohon Maaf

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 08:47 WIB
Dilarang Mudik, Berikut Aplikasi Video Call Ucapan Mohon Maaf Ilustrasi video call. (Foto: Dok. WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lebaran Idul Fitri 2020 merupakan momentum umat Islam di seluruh dunia untuk melakukan silaturahmi, saling memaafkan dan sekaligus merupakan momen pulang kampung atau mudik di Indonesia.

Akan tetapi, wabah virus corona (SARS-CoV-2) berpotensi membuat tradisi mudik Lebaran 2020 bersama keluarga tidak terjadi di Indonesia demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19 tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan tengah mengkaji opsi larangan mudik Lebaran 2020. Tak hanya mudik, masyarakat juga berpotensi tidak dapat bertemu secara tatap muka untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah karena larangan kerumunan massa.


Dari sisi teknologi, masyarakat bisa memanfaatkan video call untuk melakukan tatap muka di ruang virtual untuk merayakan Hari Lebaran 2020. CNNIndonesia.com merangkum lima aplikasi video calling ternama:


1. WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi populer yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan video maupun untuk bertukar pesan. WhatsApp bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengucapkan saling memaafkan lewat ruang virtual. Pengguna bisa melakukan panggilan video dengan maksimal tiga orang.

Cara pakai:

- Pilih ikon telepon atau panggilan video yang muncul di kanan atas kontak Whatsapp yang akan ditelepon. Anda bisa memilih untuk melakukan panggilan suara atau video.
- Setelah penelepon pertama menjawab telepon, Anda atau teman Anda bisa menambahkan maksimal hingga empat orang dalam sekali telepon.
- Untuk menambahkan orang lain ke dalam percakapan grup, cukup pilih tanda '+' yang ada di bagian kanan atas. Baik Anda maupun teman Anda bisa menambahkan orang lain untuk bergabung dalam percakapan grup yang sedang berlangsung.

2. Skype

Aplikasi percakapan berbasis video dan suara besutan Microsoft ini cukup populer digunakan untuk melakukan rapat online.

Cara pakai:

- Klik menu di aplikasi Skype atau versi web.
- Cari nama teman atau kerabat di kolom pencarian dalam tab 'friend'. Pengguna bisa menambahkan teman dengan menekan tombol '+' lalu masukan nomor ponsel atau email teman yang terdaftar di akun Skype.

[Gambas:Video CNN]

3. Google Hangouts

Aplikasi buatan Google ini sangat berguna apabila pengguna menggunakan akun Gmail sebagai akun email utama di ponsel atau memiliki banyak teman yang menggunakan email Google. Google Hangouts terintegrasi dengan Gmail hingga Google Calendar.

Cara pakai lewat aplikasi:

- Tekan tombol  '+' kemudian pilih 'New Video Call'.
- Cari nama teman yang hendak anda telepon.
- Ketika udah selesai, pilih 'End Call'.

4. Zoom

Sesungguhnya aplikasi ini dikhususkan untuk rapat secara online. Namun aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan silaturahmi. Akan tetapi meski bisa melibatkan banyak orang dalam rapat, pengguna gratis aplikasi dibatasi dengan durasi 40 menit.

Cara pakai:

- Klik aplikasi Zoom Cloud Meeting
- Buat akun dan klik opsi Sign Up
- Ada tiga opsi yang ditampilkan yaitu Account Info (Info Akun), Invite Colleagues (Undang Kolega), dan Test Meeting (Uji Coba Rapat)
- Klik opsi Invite Colleagues untuk mengundang kolega lain untuk melakukan rapat bersama
- Klik Test Meeting untuk memulai rapat, lalu klik New Meeting (Rapat Baru).


5. Google Duo

Selain Google Hangout, Google mengembangkan aplikasi Google Duo yang dikhususkan untuk video call. Aplikasi ini bisa membuat pengguna melihat live video preview teman yang menelepon anda sebelum mengangkat panggilan.

Cara pakai:

-  Buka aplikasi Google Duo.
-  Cari nama teman yang hendak Anda telepon.
-  Pilih tombol 'Message' untuk mengirimkan pesan video.
-  Pilih 'Video Call' untuk melakukan panggilan video.

(jnp/DAL)