Perusahaan Antariksa Virgin Buat Alat Pernapasan Lawan Corona

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 10:43 WIB
Perusahaan antariksa Virgin Orbit berencana memproduksi alat pernapasan medis baru secara massal untuk memerangi virus corona. Ilustrasi alat pernapasan. (Istock/sturti)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan antariksa Virgin Orbit berencana memproduksi alat pernapasan medis baru secara massal untuk memerangi pandemi virus corona Covid-19. Perusahaan berharap produksi massal perangkat baru setelah menerima persetujuan dari Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat.
 
Virgin Orbit mengklaim akan membuat perangkat yang dapat membantu orang mendapatkan oksigen yang sangat dibutuhkan ketika mereka kehabisan napas. Mesin pada perangkat dirancang secara otomatis memompa kantung ambu, yang aslinya dipompa secara manual untuk memompa udara ke paru-paru pasien.
 
Ide utama dari perangkat itu adalah mesin akan memompa kantung ambu sendiri untuk pasien yang membutuhkan oksigen tanpa perlu dihubungkan ke ventilator. Hal itu membuat pasien tidak bergantung pada ventilator dan petugas kesehatan khusus ketika membutuhkan oksigen.
 
Melansir The Verge, rencana untuk membuat alat pernapasan muncul setelah karyawan Virgin Orbit mulai mencari cara untuk membantu menanggulangi pandemic Covid-19.
 
"[Kami] berkata, hei, kami bukan dokter dan kami bukan produsen alat kesehatan. itu bukan latar belakang dari mana kami berasal  dan kami sangat menghormati orang-orang itu," kata Will Pomerantz, wakil presiden proyek khusus di Virgin Orbit.

 
"Tetapi di sisi lain, kami memiliki banyak insinyur. Kami punya pabrik yang hebat dan kami memiliki pabrik fasilitas fabrikasi yang hebat. Pasti ada sesuatu yang bisa kita coba," ujarnya.
 
Sejauh ini, Virgin Orbit telah berkoordinasi dengan gubernur California Gavin Newsom, yang kemudian menghubungkan tim tersebut dengan Otoritas Layanan Medis Darurat California. Organisasi itu mengubah Virgin Orbit ke Bridge Ventilator Consortium, yang mencakup para peneliti di Universitas California dan Universitas Texas.
 
Kepada Virgin Orbit, konsorsium memberikan panduan tentang jenis perangkat apa yang paling bermanfaat bagi komunitas medis saat ini.

Setelah berkonsultasi dengan mereka, karyawan Virgin Orbit mulai mencari ide untuk perangkat yang dapat dibuat sesederhana mungkin, secepat mungkin, dan semurah mungkin untuk mengisi celah dalam sistem perawatan kesehatan.


[Gambas:Video CNN]
 
Virgin Orbit akhirnya berencana membuat pompa otomatis dan mulai membangunnya dengan bahan dan peralatan yang sudah ada di pabrik perusahaan di Long Beach, California.
 
Meski membuat perangkat medis, Virgin Orbit tetap menjalankan bisnisnya di bidang ruang angkasa karena memiliki kontrak dengan NASA dan Depertemen Pertahanan AS.

Sebelum ada pandemi, Virgin Orbit tengah fokus mengembangkan roket baru yang disebut LauncherOne, yang dirancang untuk meluncurkan satelit seukuran mesin cuci ke orbit.
 
Selain Virgin Orbit, sejumlah perusahaan banting setir untuk menciptakan peralatan yang dibutuhkan fasilitas kesehatan dalam menangani pasien Covid-19, di antaranya Dyson, Tesla, General Motors, hingga Ford.
 
Melansir CNBC, Virgin Orbit akan mengirim secara massal perangkatnya ke seluruh Amerika Serikat. Pimpinan proyek ventilator Virgin Orbit, Kevin Zagorski mengatakan perangkat yang dibuatnya sangat sederhana dan kuat. Virgin Orbit berharap dapat membuat ribuan perangkat dalam sepekan.

(jps/DAL)