10 Rumah Aman, Aplikasi Periksa Kesehatan Mandiri Kala Corona

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 19:15 WIB
Aplikasi yang dibuat pemerintah pusat itu dibuat agar masyarakat tidak terburu-buru ke rumah sakit kala virus corona covid-19 meluas. Tangkapan layar aplikasi cek kesehatan mandiri. (Aplikasi 10 Rumah Aman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman. Salah satu fitur yang ditawarkan ialah masyarakat dapat memeriksakan kesehatan mereka secara mandiri.

Hal itu bertujuan agar masyarakat tidak terburu-buru ke rumah sakit saat virus corona covid-19 sudah semakin meluas di Indonesia.

"Melakukan pemeriksaan mandiri dengan menggunakan alat berbasis Artificial Intelligence (AI). Tujuannya agar tidak terburu-buru pergi menemui petugas kesehatan di rumah sakit sekaligus menerapkan semangat membantu dan meringankan kerja petugas kesehatan," kata Menkominfo Johnny G. Plate saat konferensi video, Selasa (31/3).


Selain itu, Johnny menyebutkan fitur lainnya yaitu pengukuran suhu berkala, berbagai masakan atau minuman, inspirasi hidup sehat, dan peta persebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko mengatakan aplikasi 10 Rumah Aman didesain sederhana berbasis komunitas.

"Aplikasi 10 Rumah Aman bisa diterapkan dengan cepat, di mana saudara-saudara kita yang selama ini sulit untuk di rumah saja dapat terbantu untuk berada di rumah. Kemudian secara bersama kita mengalahkan Covid-19," tutur Moeldoko.

Aplikasi 10 Rumah Aman pun menghadirkan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari seperti Rego Pantes dari 8Villages, Sayur Box dan TaniHub.

Ada juga aplikasi konsultasi kesehatan dari Prixa, aplikasi edutech dari Cakap, aplikasi donasi Wahid Foundation, obat-obatan dan alat kesehatan seperti Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, Alfa Group, Alfamind, dan DAV.

[Gambas:Video CNN]

Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter.

Meski begitu, aplikasi 10 Rumah Aman saat ini baru tersedia di Google Play Store.

Menjajal Aplikasi 10 Rumah Aman

CNNIndonesia.com pun langsung mencoba aplikasi 10 Rumah Aman. Pada bagian beranda aplikasi, Anda mesti melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik kolom "Daftar Sekarang" di bagian paling atas.

Lalu Anda diharuskan untuk mengisi form yang berisi:
- Alamat email
- Kata sandi
- Nomor ponsel
- Nama
- Alamat
- Lokasi tempat tinggal
- Kondisi tubuh. Pada bagian ini Anda diharuskan memasukkan suhu tubuh secara manual menggunakan termometer. Lalu ada empat opsi yang diberikan yaitu:

1. Suhu tubuh normal (36-37.5)
2. Suhu tubuh di atas normal (37.5-40)
3. Isolasi mandiri
4. Positif (dalam perawatan)


Setelah berhasil melakukan registrasi, klik ikon garis tiga vertikal di pojok kiri atas. Nantinya Anda akan disuguhkan sejumlah fitur yaitu:

1. Beranda
2. Cek Suhu Tubuhmu
3. Jadi Pejuang Aman
4. Info untuk Kesehatanmu
5. Seputar Covid-19
6. Cek Kesehatanmu di Sini
7. WhatsApp Covid-19
8. Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu

Fitur Jadi Pejuang Aman

Misalnya, Anda klik fitur Jadi Pejuang Aman, nanti ada lima pilihan yaitu Aksi 10 Rumah Aman, Masak, Makan di Rumah, dan Berbagi, Bersih Bersama, Ingatkan Sekitarmu untuk Cek Suhu Tubuh, dan Periksa Demam Tanpa Termometer.

Pada bagian Aksi 10 Rumah Aman, pengembang menjelaskan bagaimana Anda bisa berpartisipasi dalam gerakan 10 Rumah Aman. Caranya:

- Memastikan setidak-tidaknya 10 keluarga yang tinggal di sekeliling kita untuk ikut berpartisipasi dengan ikut mengunduh dan menggunakan fitur pada aplikasi.
- Memastikan bahwa 10 keluarga yang tinggal di sekeliling kita serta teman-teman dan kerabat kita selalu dalam keadaan sehat dan baik.


Info untuk Kesehatanmu

Pada fitur ini Anda bisa memeriksakan kesehatan diri lewat aplikasi Prixa berbasis AI. Lalu Anda akan diarahkan untuk memasukkan data dan keluhan Anda.

Selain itu, ada juga opsi Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu, Nomor Darurat (hotline Covid-19), dan daftar rumah sakit rujukan corona.

Seputar Covid-19

Pada bagian ini pengembang menawarkan sejumlah opsi yaitu Kenali Covid-19, Tetap Positif, Physical Distancing, Demam Covid-19, Terhindar Risiko, dan Perlengkapan Pejuang.

Saat Anda mengklik pilihan Perlengkapan Pejuang, di fitur ini Anda dapat membeli perlengkapan kesehatan, bahan makanan bahkan Anda bisa berdonasi.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda bakal diarahkan ke aplikasi Alfamart, DAV, Alfamind, Prima, Sayur Box, Rego Pantes, dan TaniHub.

WhatsApp Covid-19

Jika Anda memilih fitur ini, Anda diarahkan ke akun chatbot WhatsApp resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona yaitu COVID19.GO.ID.

Pantau Peta Suhu Tubuh di Sekitarmu

Anda bisa memantau suhu tubuh orang lain di sekitar Anda yang mana mereka juga mengunduh aplikasi 10 Rumah Aman

(din/DAL)