Tak Perlu ke Dealer, Mekanik Motor Bisa Dipanggil ke Rumah

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 01:25 WIB
Yamaha dan Honda juga menawarkan layanan servis ke rumah semasa wabah virus corona. Ilustrasi. (Istockphoto/dreamnikon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan servis di rumah yang lebih dipromosikan Agen Pemegang Merek (APM) mobil semasa wabah virus corona (Covid-19) juga dilakukan oleh APM sepeda motor. Hal itu sedang dikerjakan oleh Yamaha dan Honda.

Yamaha menyediakan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) yang membuat konsumen tidak perlu ke bengkel dan bertemu banyak orang.


"Layanan buat semua tipe motor Yamaha. Tapi SKY merupakan program yang sudah dinikmati konsumen sejak 2012. Dan ini sangat membantu saat ada penyebaran virus," kata GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M.Abidin dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/3).


Prosedur SKY, dijelaskan Abidin, konsumen dapat menghubungi nomor kontak dealer dan bengkel resmi Yamaha yang memiliki program itu.

Kemudian konsumen menyampaikan masalah pada sepeda motornya dan selanjutnya mengatur jadwal servis yang meliputi perawatan berkala dan penggantian komponen motor tertentu.

Dealer Yamaha selanjutnya akan mengirimkan teknisi sesuai jangkauan jarak. Tarif servis dan pembelian suku cadamg sama dengan harga jika perawatan dilakukan di bengkel dealer.

Abidin menambahkan semua teknisi yang datang ke rumah sudah dibekali masker dan hand sanitizer. Sepeda motor konsumen juga akan disemprot dengan disinfektan usai servis.

"Suhu tubuh teknisi yang dikirim untuk melakukan SKY juga diukur terlebih dahulu sebagai upaya penangkalan Corona. Motor konsumen yang service di dealer juga kami semprot disinfektan," kata Abidin.


Honda juga menawarkan layanan servis dengan menerjunkan mekanik ke rumah konsumen. Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Rina Listiani mengatakan servis kunjungan ini berlaku untuk semua jenis motor Honda yang meliputi perawatan ringan dan ganti oli.

Khusus buat moge Honda, dikatakan motor akan dijemput teknisi agar dirawat di bengkel Big Wing.

Rina menyampaikan teknisi Honda yang datang ke rumah dalam keadaan sehat. Mereka juga membawa hand sanitizer dan memakai masker untuk pengerjaan di rumah konsumen.

Tidak ada penambahan biaya pada layanan ini. Jasa servis dan penggantian suku cadang juga sesuai dengan yang berlaku di bengkel AHASS.

"Jadi konsumen dapat tetap di rumah tanpa perlu ke bengkel," kata Rina. (ryh/fea)