Dukung Pemerintah Cegah Corona, Yamaha Setop Produksi

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 15:02 WIB
Pihak Yamaha Indonesia, diketahui dari surat kepada perusahaan pemasok, bakal menghentikan produksi motor selama dua pekan mulai 3 April. Pekerja merakit sepeda motor di pabrik Yamaha di Pulo Gadung, Jakarta. (Dok. Sekretariat Kabinet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal menghentikan aktivitas produksi motor selama dua pekan mulai 3 April terkait penyebaran virus corona (Covid-19).

Informasi ini CNNIndonesia.com dapatkan dari surat yang dikirim perusahaan pada 1 April kepada para pejabat tinggi perusahaan pemasok komponen Yamaha.

"Memang benar kami melakukan penghentian produksi untuk sementara. Mulai 3-19 April," kata Public Relation YIMM Antonius Widiantoro dalam pesan singkat diterima CNNIndonesia.com, Kamis (2/4).


Menurut pria karib disapa Anton itu, penghentian produksi sementara ini untuk mendukung pemerintah dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang terus berusaha mencegah penyebaran corona.

"Kami melakukan ini sesuai dengan imbauan pemerintah dan Gubernur DKI, untuk mengurangi dampak dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucap Anton.

Dengan meniadakan aktivitas pekerja di pabrik ini, merupakan cara perusahaan untuk tetap menjaga kesehatan dari seluruh karyawannya dan karyawan komponen pendukung motor Yamaha agar tidak terinfeksi virus corona.

"Seluruh karyawan Yamaha pun sampai saat ini dalam kondisi baik. Hal ini kali lakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan keselamatan bersama," ujar Anton.

YIMM yang memiliki pabrik di Pulogadung, Jakarta Timur rencananya bakal kembali melanjutkan produksi pada 20 April.

YIMM merupakan produsen otomotif kedua yang diketahui bakal menghentikan produksi sementara terkait Covid-19. Sebelumnya Honda Prospect Motor (HPM) telah mengkonfirmasi pada Rabu (1/3) akan menghentikan kegiatan produksi mobil selama dua pekan mulai 13 April 2020.

Keputusan Honda diambil setelah melalui berbagai pertimbangan menyikapi situasi dan kondisi terkini di dalam negeri akibat wabah virus corona (Covid-19). Honda memiliki fasilitas di Karawang, Jawa Barat dengan kapasitas mencapai 120 ribu unit per tahun yang memproduksi Mobilio, BR-V, hingga Brio. (ryh/fea)