HP Murah Jadi Andalan Raup Untung Saat Corona

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 20:45 WIB
Produsen ponsel asal China Xiaomi sebut hp murah jadi andalan di tengah lesunya daya beli di Indonesia akibat wabah virus corona. Ilustrasi Xiaomi. (Courtesy Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi Indonesia mengatakan pihaknya yakin akan tetap mendapat keuntungan meski di tengah wabah pandemi virus corona SARS-Cov-2. Sebab, menurut Country Manager Xiaomi Indonesia Alvin Tse, perusahaan membanderol produk-produk mereka dengan harga yang terjangkau.

Hal ini merujuk kepada perputaran ekonomi pasca pandemi virus corona yang menyebabkan beberapa vendor ponsel mengurungkan niat mereka untuk memperkenalkan produk terbaru.

"Dengan kondisi penurunan daya beli, malah menguntungkan Xiaomi karena kami punya harga yang menarik. Jadi, kami akan berupaya lebih banyak promo online," kata Tse kepada awak media lewat konferensi video, Kamis (2/4).


Oleh karena itu, Xiaomi bekerjasama dengan para pelaku e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, yang mana kedua perusahaan tersebut memiliki sistem pembayaran PayLater.


PayLater ini memungkinkan pelanggan membayar produk tanpa uang muka atau mirip dengan pembayaran kartu kredit.

"Kita juga berupaya kerja sama dengan e-commerce untuk memudahkan dari segi pembayaran. Anda bisa berbelanja di Shopee yang punya fitur PayLater, di Tokopedia, dan e-commerce lainnya," pungkas Tse.

Sebelumnya, laporan dari Strategy Analytics mengungkapkan pengiriman ponsel cerdas di China akan menurun 30 persen pada kuartal pertama (Q1) 2020.

Kasus virus corona ini diperkirakan memperlambat pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) dan pengeluaran konsumen di China. Hal ini nantinya akan memengaruhi pasar ponsel cerdas di negara itu pada paruh pertama tahun 2020.

[Gambas:Video CNN]

Laporan ini menyoroti bahwa pengiriman ponsel pintar global kemungkinan akan turun 2 persen akibat epidemi virus korona . Tak ubahnya penurunan ponsel pintar global, pengiriman ponsel pintar China pada 2020 diperkirakan akan turun dua  persen.

Dampak terbesar akan terjadi pada kuartal pertama di mana pengiriman diperkirakan akan turun sebesar 30 persen.

Laporan lebih lanjut mencatat bahwa China memproduksi hampir 70 persen dari ponsel dunia. Oleh karena itu, keterlambatan dalam operasi pabrik karena liburan Tahun Baru yang diperpanjang dan pembatasan perjalanan serta karantina akan berdampak buruk pada pasokan dan produksi global.

Tanda-tanda awal kekurangan pasokan produk terlihat dari gaibnya stok Asus ROG Phone 2 di India saat ini. Laporan lebih lanjut menambahkan bahwa dampak virus corona pada pengiriman ponsel pintar di China bisa lebih buruk apabila penyebaran virus ini tidak dikendalikan dalam beberapa bulan ke depan.

Respons Ponsel 'Gaib'

Tse kemudian merespon soal ketersediaan perangkat ponsel baru Xiaomi yaitu Redmi A8 Pro yang dirilis bertepatan dengan wabah virus corona. Tse memastikan bahwa perangkat terbaru mereka itu tidak 'gaib' karena tidak ada kendala pada proses suplai di pabrik mereka yang ada di Kota Batam.

"Ada beberapa yang memengaruhi gaib, pertama faktor suplai. Kita saat ini tidak masalah suplai di pabrik, yang kedua tergantung seberapa banyak store yang jual produk kita dan beberapa mitra yang melakukan kerja sama," kata Tse.

"Jadi sekarang kita sudah bekerja sama dengan 1.000 partner yang menjual Xiaomi di seluruh Indonesia, lalu ada lebih dari 50 Mi Store di mal," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Head of Public Relation Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia pun memastikan sampai saat ini mitra pabrik Xiaomi yaitu PT SAT Nusapersada Tbk tetap beroperasi.


"Sejauh ini masih lancar ya, mitra pabrik kami di Batam juga telah melakukan langkah-langkah pencegahan virus corona, di antaranya dengan melakukan pengecekan suhu badan, mewajibkan penggunaan masker dan hand sanitizer yang disediakan perusahaan," jelasnya.

Menyoal perangkat baru Xiaomi Redmi A8 Pro, ponsel ini resmi diluncurkan di Indonesia dengan mematok harga perkenalan Rp1.649.000 dan harga offline Rp1.699.000.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan Redmi A8 Pro ialah kapasitas baterai jumbo sebesar 5.000 mAh. Selain itu, mereka menyematkan tiga sensor kamera, masing-masing dua kamera belakang 13MP dan 2MP sedangkan kamera depan 8MP.

Lalu ponsel ditenagai cipset Qualcomm Snapdragon 439 yang didukung kapasitas memori RAM 3GB ROM 32GB dan dapat diperluas dengan microSD hingga 512GB.

(din/DAL)