Jaga Keamanan Mitra Pengemudi, Grab Bekali Penunjang Kerja

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 19:27 WIB
Jaga Keamanan Mitra Pengemudi, Grab Bekali Penunjang Kerja Grab Car. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab membekali alat penunjang kerja kepada mitra pengemudi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Hal tersebut seiring dengan dipersiapkannya armada khusus keperluan mengantar tenaga medis maupun hasil laboratorium dan obat-obatan.


Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan agar semuanya berjalan aman dan normal, salah satu perhatian untuk mencegah transmisi virus adalah dengan menerapkan kebersihan ekstra pada lini transportasi.

" Sebagai platform penyedia transportasi, Grab menyadari pentingnya menjaga kualitas sanitasi dan keamanan berkendara bagi pelanggannya selama masa yang mengkhawatirkan ini," ujar berdasarkan keterangan pers, Jakarta, Jumat (3/4).


Adapun Grab Indonesia membekali mitra pengemudi dengan tiga penunjang kinerja berupa:

- Program Grab Benefit
Grab Benefit berupa toolkit Covid-19 yang terdiri atas masker, disinfektan, hand sanitizers, dan edukasi preventif bagi penumpang berbentuk stiker mobil. Saat ini lebih dari 3.000 paket telah dimanfaatkan oleh mitra pengemudi Grab.

- Grab Excellence Center
Pembangunan stasiun sterilisasi dan pembersihan mobil di satu fasilitas Grab Excellence Center dan empat Grab Driver Center di seluruh wilayah Jabodetabek yang bisa dimanfaatkan oleh lebih dari 20.000 mitra pengemudi GrabCarPlus. Penyediaan sarana ini akan diperluas sehingga mencapai 10 kota di seluruh Indonesia.


Selain membekali penunjang kinerja, Grab juga menerapkan standar operasi pelayanan GrabCar  yang menyesuaikan situasi pandemi Covid-19. Standar pelayanan mencakup aspek kebersihan dan keamanan lebih ditingkatkan untuk menghindari penyebaran virus pada saat berkendara.

Caranya adalah dengan menjaga kebersihan dan sterilisasi yang dilakukan secara menyeluruh dan mandiri setelah menyelesaikan perjalanan. "Pelayanan kepada penumpang yang lebih peka terhadap kesehatan penumpang sambil tetap menjaga keramahan."

Upaya tersebut disosialisasikan secara menyeluruh tanpa kontak langsung (contactless education) melalui platform daring seperti aplikasi mitra pengemudi, media sosial, platform chat, dan live streaming.

"Mobilitas negara Indonesia tetap harus berjalan untuk memastikan roda ekonomi terus berputar dan Grab Indonesia siap mendukungnya," ujarnya. (fef)