Jajaran Webcam Terbaik untuk Rapat Online Kala WFH Corona

CNN Indonesia | Sabtu, 04/04/2020 11:10 WIB
Kualitas gambar yang bagus dibutuhkan untuk rapat online saat kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) berlaku selama Covid-19. Ilustrasi rapat online. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kamera web (webcam) menjadi salah satu opsi untuk menghasilkan gambar yang lebih baik saat melakukan rapat online di kala wabah virus corona (SARS-CoV-2).

Namun patut diingat, laptop terkini sesungguhnya telah dibekali dengan webcam yang terletak di atas layar. Kualitas gambar yang ditawarkan juga tak buruk.

CNNIndonesia.com merangkum lima webcam yang memberikan kualitas gambar bagus untuk rapat online saat kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) berlaku selama Covid-19.


1. Microsoft LifeCam HD-3000, Kamera HD Pilihan Pas di Dompet

Apabila pengguna memiliki anggaran yang terbatas, webcam Microsoft LifeCam HD-3000 bisa menjadi pilihan. Kamera yang dibanderol kurang lebih Rp600 ribu ini menghasilkan video call dan perekaman video HD720p.

Kamera juga dibekali dengan mikrofon untuk mengurangi kebisingan di lingkungan. Tak hanya itu, webcam ini dibekali dengan fitur TrueColor yang menghasilkan video terang dan berwarna dalam kondisi latar belakang apa pun.

Teknologi bisa menghasilkan gambar yang berkualitas meski dalam kondisi latar belakang yang temaram.

2.  Logitech HD Pro Webcam C920, Terbaik Untuk Penggunaan Umum

Untuk penggunaan umum, Logitech HD Pro Webcam C920 bisa menjadi pilihan. Webcam menghadirkan video call full HD 1080p dengan Skype dan 720 untuk panggilan video call lainnya.

Perangkat H.264 memastikan video call pengguna tak lemot dan berjalan mulus. Selain itu, optik kamera Carl Zeiss dengan mode 20-step autofocus mode membuat pengguna bisa selalu menghasilkan gambar terbaik pengguna berkat kualitas optik dan fokus yang tajam.

Kamera mendukung perekaman video FHD dan memiliki koreksi pencahayaan yang otomatis. Webcam besutan Logitech dibanderol di Indonesia dengan harga sekitar Rp1,1 juta.

3. Logitech C922x Pro Stream Webcam, Terbaik Untuk YouTuber

Dirancang khusus dengan mempertimbangkan streaming dan bermain game, Logitech C922x Pro Stream Webcam mungkin mahal tetapi ideal untuk pemain gim melakukan streaming.

Di Indonesia webcam dibanderol dengan harga kurang lebih Rp1,2juta. Webcam menawarkan video 1080p pada 30 frame per second (fps), dengan 60 fps tersedia melalui 720p.

[Gambas:Video CNN]

Fitur 60 fps dalam kamera ini penting bagi gamer. Pasalnya gamer yang melakukan streaming mencari kamera dengan frame rate yang sama dengan gim yang dimainkan. Kesamaan frame rate ini untuk memastikan rekaman mereka saat bermain gim ini mulus dan selaras dengan streaming. 

Lensa optik FHD dan autofocus membuat pengguna tak perlu lagi pusing menampilkan citra terbaik. Kamera dilengkapi dengan dua mikrofon bawaan yang menangkap suara pengguna saat bermain.

Koreksi cahaya otomatis semakin meningkatkan kualitas gambar cahaya redup. Pengguna juga  dimungkinkan untuk mengintegrasikan gambar langsung dengan latar belakang apa pun yang diinginkan.

4. Logitech C615 HD Webcam, Terbaik Untuk Traveller

Logitech juga meluncurkan webcam yang cocok dibawa kemana-mana. Logitech C615 HD cocok untuk dibawa berjalan-jalan ke seluruh pelosok dunia.

Dengan desain Fold and Go, pengguna bisa melepas webcam dari monitor dengan cepat dan mudah untuk dimasukkan ke dalam tas.

Ukuran webcam yang ringkas menjadi fitur penting bagi pelancong. Meskipun ukurannya sangat ringkas, webcam menawarkan perekaman Video Full HD 1080p dengan panggilan video berkualitas HD 720p

Autofocus membuat pengguna tak perlu repot menampilkan sudut kamera terbaik. Webcam juga dibekali dengan teknologi peredam suara bising di sekitar.  Koreksi cahaya otomatis juga diaktifkan di sini. Kamera dibanderol dengan harga Rp975 ribu.

5. Logitech C17, Webcam VGA Termurah

Logitech C170 merupakan webcam murah dengan resolusi video VGA (640 x 480 piksel) dan XVGA (1024 x 768 piksel) untuk panggilan video. Kamera yang dibanderol Rp250 ribu ini memiliki resolusi kamera foto sebesar 5MP.

Kamera dibekali dengan  teknologi Logitech Fluid Crystal yang membuat video berjalan mulus, bergambar dan berwarna lebih tajam.

(jnp/DAL)