Konsultasi Otomotif

Alasan Mendasar Mesin Kendara Harus Servis Berkala

M. Ikhsan, CNN Indonesia | Minggu, 05/04/2020 07:50 WIB
Komponen-komponen pada mesin kendaraan bisa Ilustrasi mesin kendaraan harus diservis secara rutin. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pertanyaan: Kenapa mesin kendaraan harus servis berkala?

@achmad_maulana1

Dengan pemakaian, akan ada komponen-komponen pada mesin kendaraan yang akan menjadi kotor dan aus. Seperti filter udara. Komponen ini akan menjadi kotor dan secara reguler perlu dicek untuk dibersihkan atau diganti.


Walaupun sudah ada filter udara, masih ada kotoran-kotoran yang lolos dan akan mengotori jalur masuk ke ruang bakar, throttle dan klep intake, ini biasanya bisa dibersihkan dengan mempergunakan chemical atau bahan pembersih khusus yang sudah dikembangkan aman untuk mesin kendaraan.

Di mesin-mesin kendaraan lawas yang masih menggunakan karburator, wajib untuk melakukan pengecekan di area platina dan kondensor karena platina dan kondensor membuat pengapian dengan cara mekanikal, yaitu platina yang membuka tutup. Pada bagian ini lebih mudah menjadi kotor serta aus.

Masih ada komponen-komponen lain yang perlu diperhatikan seperti misalnya busi, oli mesin dan oli transmisi serta oli gardan yang perlu diganti secara reguler.

Ada satu pedoman yang mungkin bisa dijadikan acuan juga, yaitu mobil yang tidak dipakai selama enam bulan, dapat disetarakan dengan pemakaian oli sejauh 5.000 km. Begitu juga di bagian kaki-kaki seperti kanvas rem, shockbreaker dan lainnya perlu dilakukan pengecekan secara berkala.

Provis - Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia. (mik)