Cara Hapus Akun Zoom di Tengah Isu Data Pribadi yang Bocor

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 15:26 WIB
Cara Hapus Akun Zoom di Tengah Isu Data Pribadi yang Bocor Ilustrasi zoom. (Olivier DOULIERY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zoom merupakan salah satu layanan konferensi video yang saat ini tengah hangat diperbincangkan karena tersandung masalah privasi di tengah kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/WFH) kala pandemi virus corona.

Pasalnya, Zoom diam-diam mengirimkan data ke Facebook tanpa sepengetahuan pengguna. Data tetap dikirim sekalipun pengguna tidak punya akun Facebook. Setelah aplikasi diunduh dan digunakan di ponsel atau tablet, aplikasi Zoom bakal terhubung ke Facebook Graph API.

Selain itu, kebijakan aplikasi tidak menjelaskan soal jenis pembagian data tersebut. Perusahaan hanya mengatakan berbagi data dengan pihak ketiga tanpa menyebutkan nama Facebook secara khusus.


Ada juga istilah Zoombombing, ini adalah serangan yang dilancarkan hacker berupa gangguan dari luar yang membajak konferensi video dengan mengirim gambar-gambar tidak senonoh atau ujaran kebencian disertai ancaman.


Di satu sisi, Pendiri dan CEO Zoom Eric Yuan mengakui aplikasi Zoom memang memiliki masalah keamanan dan privasi. Saat ini perusahaan tengah mengupayakan untuk mengatasi hal tersebut.

Yuan mengatakan perusahaan telah menghentikan proyek pengembangan fitur agar fokus untuk mengatasi masalah privasi dan keamanan. Yuan mengaku penghentian pengembangan berlangsung selama 90 hari.

"Kami bergerak terlalu cepat, dan kami salah langkah. Kami telah mempelajari dan telah mengambil langkah untuk fokus pada privasi dan keamanan," ujar Yuan.

Padahal, Zoom tengah naik daun. Berdasarkan data, Zoom mencatat kenaikan yang sangat signifikan dalam penggunaan aplikasi dampak dari kebijakan kerja dan belajar di rumah selama pandemi Covid-19.


Data internal mencatat pengguna Zoom telah mencapai 200 juta pada bulan Maret 2020 atau naik dari 10 juta pada bulan Desember 2019.

Bagi Anda yang khawatir data akun Zoom disebar ke pihak ketiga, berikut cara menghapus akun Zoom seperti dilansir Android Authority:

1. Kunjungi website zoom.us
2. Masuk ke akun Zoom Anda.
3. Klik menu Admin.
4. Lalu pilih Account Management (Manajemen Akun) dan klik Account Profile (Profil Akun).
5. Pilih Terminate My Account (Hentikan Akun Saya).
6. Konfirmasi dengan mengklik Yes (Ya).

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]