Startup RI Buat Kelas Olahraga Online Agar Sehat Lawan Corona

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 02:01 WIB
Startup RI Buat Kelas Olahraga Online Agar Sehat Lawan Corona Ilustrasi olahraga. (iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah pandemi virus corona yang semakin meluas dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota di Indonesia, perusahaan startup lokal Indonesia, DOOgether merilis fitur yang bisa membantu warga Indonesia agar tetap bisa melakukan olahraga di dalam rumah.

Dua fitur yang akan membantu menjaga imunitas tubuh selama wabah corona, yakni #dirumahaja olahraga by DOOgether dan DOOlive bisa diakses gratis oleh seluruh pengguna.

CEO Doogether Fauzan Gani mengatakan #dirumahaja olahraga by DOOgether memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berolahraga melalui berbagai video-on-demand (VOD) latihan olahraga yang disediakan oleh berbagai studio lokal bermitra dengan DOOgether.


"Mudah dan gratis, warga tak perlu merasa khawatir lagi dalam menjaga kesehatannya selama PSBB atau kebijakan work from home/WFH," kata Fauzan lewat keterangan tertulis kepada redaksi, Selasa (7/4).


Berbeda dengan #dirumahaja olahraga, DOOlive memberikan kesempatan serta pengalaman yang lebih interaktif bagi masyarakat. DOOlive memberikan fitur live classes sehingga orang dapat langsung melihat dan melakukan latihan olahraga dengan pelatih favorit mereka.

"Fitur live ini dapat membantu dalam mengoptimalkan latihan olahraga dengan benar, selain itu fitur ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati latihan di studio tanpa benar-benar berada di sana," kata Fauzan.

Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi DOOgether serta melakukan booking dan pembayaran pada live classes yang ingin diikutinya. Sehingga, DOOlive memberikan bantuan pada mitra studio lokal beserta pelatih yang mengajar dalam live classes dalam bentuk penghasilan selama adanya kebijakan physical distancing.

"Kita semua sadar bahwa perubahan serta dampak yang dihasilkan dari COVID-19, tidak hanya terjadi pada kehidupan tetapi bisnis juga. Kami bantu mitra studio olahraga bisa tetap melayani warga yang mau menjaga kebugaran," kata Fauzan.


Sebelumnya, menurut salah satu studi, berolahraga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan mengutip The New York Times, sempat dilakukan serangkaian percobaan yang mana ketika seekor tikus berlari 30 menit selama beberapa minggu, hasilnya mereka bisa bertahan hidup lebih lama.

Oleh karena itu, CNNIndonesia.com merangkum 5 aplikasi olahraga yang dapat dilakukan di rumah guna meningkatkan imunitas:

1. Daily Workouts

Aplikasi ini menawarkan latihan olahraga harian secara gratis. Anda hanya perlu berolahraga selama 5 hingga 30 menit.

Aplikasi yang dikembangkan Daily Workout Apps, LLC ini menyuguhkan video latihan dari seorang trainer bersertifikat yang bakal memandu Anda.

Kelebihan:

- Tak perlu membutuhkan koneksi internet, kecuali jika Anda memerlukan video panduan cara latihan dari seorang trainer.
- Anda bakal disuguhkan lebih dari 100 cara olahraga sederhana.
- Anda dapat mengatur waktu olahraga mulai dari 5-30 menit.

Kekurangan:

- Muncul iklan.

2. You Are Your Own Gym by Mark Lauren

Aplikasi ini diinisiasi oleh salah seorang trainer populer Amerika, yaitu Mark Lauren. Kiprah Lauren di dunia olahraga mencapai satu dekade, ia sempat melatih lebih dari seribu tentara AS untuk menjalankan misi khusus.

Lauren menyuguhkan beberapa latihan sederhana yang dapat Anda ikuti seperti Tabatas, Supersets, Stappers, Interval Sets, dan Ladders.

Kelebihan:

- Lebih dari 200 latihan olahraga dari Mark Lauren.
- Anda disuguhkan dengan video latihan yang diperagakan Mark Lauren sendiri.
- Aplikasi terintegrasi ke Mark Lauren DVD yang juga tersedia di Google Play Store.
- Video latihan pemanasan dan pendinginan yang dapat diunduh secara gratis.

Kekurangan:

- Aplikasi Mark Lauren berbayar.


3. Fitify

Aplikasi yang dikembangkan Fitify Workouts s.r.o. Anda bakal disuguhkan lebih dari 100 latihan yang dapat menurunkan berat badan, membakar lemak, dan membangun kekuatan otot.

Kelebihan:

- Waktu latihan sampai 15 menit.
- Lebih dari 20 latihan pre-built.
- Lebih dari 15 sesi pemulihan pre-built seperti peregangan, yoga, dan kelas Foam Rolling.
- Aplikasi tidak perlu memerlukan akses internet.
- Demonstrasi latihan dari trainer profesional.

4. Home Workouts Personal Trainer

Aplikasi ini dikembangkan oleh Fitness22. Anda seolah akan dipandu langsung oleh personal trainer (pelatih pribadi).

Kelebihan:

- Bebas iklan.
- Anda dapat membuat rencana latihan harian.
- Bia mengakses riwayat latihan.
- Aplikasi akan memberitahu Anda kapan waktu untuk istirahat

5. BodBot Personal Trainer

Aplikasi ini dikembangkan oleh BodBot dan telah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna di Play Store. BodBot memberikan latihan komprehensif yang mudah dipraktekkan di rumah.

Kelebihan:

- Anda dapat membuat sendiri panduan latihan harian.
- Video demonstrasi dari seorang trainer secara gratis.
- Anda juga dapat mengatur waktu latihan sampai 30 menit.

(dal/DAL)

[Gambas:Video CNN]