FOTO: Mengejar Cahaya Bulan Merah Muda

AFP, AP, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 10:30 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena alam super pink moon (bulan purnama super) menghiasi langit sejumlah negara pada Selasa (7/4) malam.

Cahaya dari bulan purnama super menyinari gedung gereja di Moskow, Rusia. Fenomena Supermoon terjadi ketika bulan berada di titik terdekat dari bumi dan terlihat lebih besar dari biasanya. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)
Di biara Novodevichy di Moskow, Supermoon juga terlihat jelas di belakang menara lonceng. Fenomena alam yang jatuh pada April ini dikenal dengan Super Pink Moon. Nama pink diambil dari bunga-bunga yang mulai bermekaran di bulan ini. (AP Photo/Pavel Golovkin)
Supermoon juga terlihat di langit di atas kuil Apollo yang terletak 80 kilometer dari Athena, Yunani. Kuil Apollo dan banyak tempat wisata populer lain di dunia saat ini tengah ditutup karena wabah corona. (AP Photo/Petros Giannakouris)
Bulan purnama terlihat di belakang puncak tiang bendera di alun-alun kota Minsk, Belarusia. Meski dinamai Super Pink Moon, warna bulan tidak benar-benar merah muda. Di sebagian tempat, bulan masih terlihat putih pucat, dan di sebagian tempat lainnya menunjukkan semburat jingga. (AP Photo/Sergei Grits)
Bulan purnama super ini juga terlihat di atas kastil Belvoir di Leicestershire, Inggris. Fenomena alam ini kerap dikaitkan dengan paskah mengingat waktunya yang berdekatan. (Danny Lawson/PA via AP)
Di Dresden Zwinger di Jerman, bulan yang pucat terlihat di samping dua lampu neon berbentuk malaikat kecil. (Robert Michael/dpa-Zentralbild/dpa via AP)
Di Indonesia, fenomena bulan purnama super juga menghiasi langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (8/4) dini hari. (ANTARA FOTO/Rahmad)
Ukuran Supermoon sendiri bisa mencapai 7 persen lebih besar dari rata-rata ukuran bulan purnama dan 15 persen lebih cerah. (AP Photo/Petros Karadjias)