7 Aplikasi Tenangkan Pikiran Kala PSBB Corona

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 13:54 WIB
7 Aplikasi Tenangkan Pikiran Kala PSBB Corona Ilustrasi. Aplikasi untuk menjaga ketenangan saat corona agar tidak stres (Istockphoto/fizkes)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemberitaan soal Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-Cov-2 sampai hari ini masih gencar dan tidak sedikit masyarakat dunia yang mengalami stres dan cemas berlebih karena terlalu banyak menerima informasi soal corona.

Apalagi banyak informasi palsu terkait virus corona yang beredar di berbagai layanan media sosial, yang menimbulkan keresahan.

Untuk menanggulangi hal tersebut, ada banyak aplikasi di App Store dan Play Store yang menawarkan layanan meditasi untuk mengurangi sensasi kecemasan.


Kegiatan meditasi ini efektif selama kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan demi menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di DKI Jakarta.

Berikut daftar aplikasi untuk memulihkan rasa cemas dan stress:

1. Ten Percent Happier - Meditation & Sleep

Aplikasi menawarkan cara untuk membuat pola tidur Anda lebih baik, lalu panduan untuk melakukan meditasi. Aplikasi ini juga menyediakan talk show dari orang-orang seperti Arianna Huffington hingga Dalai Lama.

Panduan meditasi aplikasi ini disuguhkan dengan bentuk video. Berdasarkan penjelasan aplikasi Ten Percent Happier, ada lebih dari 500 panduan bagaimana cara meditasi yang baik.

Selain itu, ada metidasi khusus untuk memperbaiki pola tidur dan gambar kata-kata mutiara soal kehidupan yang bisa Anda unduh.

Tersedia di iOS dan Android. Gratis 7 hari.


2. Headspace: Meditation & Sleep

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Headspace menawarkan dasar-dasar meditasi. Hal ini menjadi pintu gerbang bagi Anda yang belum pernah mencoba meditasi sebelumnya.

Aplikasi ini memudahkan untuk melacak kemajuan Anda dan juga menampilkan berbagai kartun dan animasi yang menyenangkan. Headspace menawarkan 10 sesi gratis untuk mengajarkan dasar-dasar meditasi.

Ada tiga opsi waktu untuk meditasi yaitu tiga, lima, atau 10 menit.

Tersedia di iOS dan Android. Berbayar.

[Gambas:Video CNN]

3. Calm - Meditate, Sleep, Relax

Pilihan aplikasi selanjutnya adalah Calm. Aplikasi ini dikembangkan oleh Calm.com Ic dan telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna di Google Play Store.

Saat Anda melakukan meditasi menggunakan Calm, pengembang menawarkan sensasi suara deburan ombak atau suara hutan yang menenangkan.

Tersedia di iOS dan Android. Berbayar

4. Insight Timer - Free Meditation App

Aplikasi Insight Timer punya konten yang sangat banyak, terdapat 25 ribu meditasi dengan panduan, dan ada lebih dari 3 ribu guru dengan berbagai topik seperti stres, kegelisahan, fokus, dan rasa terima kasih.

Aplikasi ini telah menarik lebih dari 6 juta metitator dari seluruh dunia. Aplikasi ini seperti komunitas. Sebab, ketika pengguna selesai melakukan meditasi akan muncul berapa orang yang juga bermeditasi bersama pengguna.

Terdapat fitur nearby yang menunjukkan pemeditasi terdekat dan melihat lagu apa yang mereka dengarkan. Trdapat juga podcast dan banyak talkshow di aplikasi ini. Disediakan juga musik untuk menenangkan pikiran dan membantu tidur, seperti dikutip dari Mindful

Tersedia di iOS dan Android. Gratis 7 hari.


5. Simple Habit: Meditation App

Aplikasi yang memiliki slogan "Feel Better in Just 5 Minutes" atau Merasa Lebih Baik Dalam Waktu 5 Menit ini telah diunduh lebih dari satu juta pengguna di Google Play Store.

Simple Habit dirancang untuk menyederhanakan aktivitas meditasi saat di tempat kerja, sebab meditasi dalam aplikasi ini bisa dilakukan sesingkat mungkin, yaitu lima menit, seperti dikutip Mashable.

Tersedia di iOS dan Android. Gratis dan berbayar untuk konten premium.

6. Smiling Mind

Aplikasi gratis ini awalnya dirancang untuk anak dan remaja. Namun, konten di dalamnya bisa digunakan siapa saja. Terdapat 41 sesi dan 10 modul dari Mindfulness Foundation yang ditujukan bagi orang dewasa.

Mereka punya laman khusus Covid-19, namun isinya tak sekomprehensif punya Calm lantaran aplikasi ini memang benar-benar gratis. Fitur aplikasi ini cukup sederhana mulai dari perawatan batin dan menenangkan diri ketika panik lewat animasi pengaturan pernapasan.

Tersedia di iOS dan Android. Gratis.  


7. Stop, Breathe & Think

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis pengguna hanya bisa mengakses beberapa konten saja.

Terdapat 30 sesi meditasi dengan panduan gratis di aplikasi ini. Meditasi ini kebanyakan hanya dilakukan 11 menit. Sementara untuk versi berbayar disediakan sesi meditasi lebih lama hingga 30 menit dan konten premium lain.

Aplikasi ini punya bagian yang menjelaskan terkait pemusatan perhatian. Dijelaskan juga keuntungan yang bisa didapat dari praktek ini, serta penjelasan neuroscience dan psikologi dibalik meditasi.

Tersedia di iOS dan Android. Gratis. (din/eks)

[Gambas:Video CNN]