Aplikasi Kursus dan Latihan Bahasa Online kala Pandemi Corona

CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2020 21:07 WIB
Masyarakat masih bisa mencoba berbagai macam kursus online komputer hingga bahasa dengan gratis dan berbayar selama pandemi virus corona. Ilustrasi kursus online. (Dok. Squline)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19 telah membuat sebagian orang di berbagai negara berada di dalam rumah untuk mencegah penularan. Selain bekerja  atau Work From Home/WFH dan belajar, sebagian orang menghabiskan waktu luang dengan cara menonton film atau bermain game.
 
Namun, waktu luang ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mempelajari keterampilan baru atau memperkuat keterampilan yang sudah dimiliki menjadi lebih baik.
 
Melansir dari berbagai sumber, ada banyak kursus online gratis dan murah yang dapat Anda ambil untuk menghabiskan waktu luang di rumah selain menonton film atau bermain game.
 
Kursus Gratis di Universitas Terbaik

Jika berharap bisa mengambil kelas di Universitas Harvard atau Institut Teknologi Massachusetts, Anda dapat melakukannya tanpa harus mencari beasiswa. Cukup dengan mengunjungi situs edX (https://discover.edx.org/), Anda bisa memilih ribuan kursus di hampir 30 area.
 
Ada sejumlah kursus yang disediakan, misalnya ilmu komputer, bahasa, data, bisnis dan manajemen, teknik, hingga humaniora.


Untuk menggunakan layanan itu, Anda bisa mendaftar kursus secara gratis. Setelah terdaftar, Anda bisa memilih kursus yang hendak diikuti. Selanjutnya, andaka akan mendapat akses penugasan dan mendapatkan sertifikat terverifikasi setelah lulus menjalani kursus.
 
Namun, Anda harus merogoh kocek bervariasi untuk setiap kursus yang dipilih. Misalnya, Anda akan dikenakan biaya US$267.30 untuk kursus Neuroscience selama 5 bulan di Universitas Harvard.
 
Selain edX, Anda juga bisa mengambil kurus di Udemy yang menyediakan 100 ribu lebih kursus online.  Pada situs itu, Anda hanya cukup membayar minimal Rp168 ribu untuk bisa kursus sesuai program yang diinginkan. Lebih dari 6.000 kursus Udemy juga tersedia gratis untuk Anda.
 
Kursus Bahasa Asing


Jika ingin memiliki kemampuan bahasa asing atau memperdalamnya selama berada di rumah, Anda bisa memanfaatkan beragam aplikasi gratis di iOS atau Android. Beberapa aplikasi yang menyediakan layanan kursus bahasa asing gratis adalah Duolingo, Memrise, Busuu, Mondly, dan LingoDeer.
 
Tambahan pembelajaran bahasa juga bisa didapat dengan belajar di Youtube. Jika Anda baru memulai belajar, pilih saluran yang benar-benar mendidik. Jika Anda lebih maju dalam studi Anda, menonton film dan acara dengan subtitle asli kemudian bahasan Indonesia adalah hal yang mungkin bisa dilakukan.


Sedangkan jika ingin melatih kemampuan bahasa dengan lawan bicara, Anda bisa mengguna aplikasi Speaky, Mixxer, dan Tandem.
 
Speaky dapat digunakan dengan cara mengakses situs https://www.speaky.com/ lalu mendaftar dan pilih bahasa apa yang hendak ada dalami. Speaky adalah aplikasi latihan langsung dengan orang lain yang terhubung di seluruh dunia.
 
Seperti Speaky, Mixxer juga dapat digunakan dengan cara mendaftar pada situs https://www.language-exchanges.org/. Setelah itu, pilih bahasa yang hendak dipraktikkan dengan lawan bicara. Ada pilihan live chat dan Skype dalam aplikasi itu.
 
Adapun Tandem, Anda harus terlebih dahulu mengunduhnya di ponsel. Setelah itu, Anda bisa memilih bahasa dan dari mana orang yang hendak Anda jadikan lawan bicara.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK