Aplikasi Curhat Online Hilangkan Stres Saat Wabah Corona

din, CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2020 17:46 WIB
Berikut sejumlah aplikasi curhat online yang bisa hilangkan stres dan sulit keluar rumah akibat wabah virus corona. Ilustrasi (Pixabay/E1N7E)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesendirian akibat penerapan jarak sosial dan pembatasan sosial serta bombardir berita negatif terkait wabah Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 bisa menyebabkan stres.

Di tengah wabah pandemi virus corona SARS-Cov-2 ini, pemerintah telah meminta masyarakat untuk beraktivitas di rumah. Hal ini menyulitkan mereka untuk pergi ke rumah sakit untuk meminta pertolongan ke psikolog maupun psikiater.

Ditambah lagi dengan banyaknya pemberitaan dan hoaks terkait virus corona, yang dapat membuat rasa cemas itu semakin tinggi.



Jika Anda termasuk orang-orang yang membutuhkan pertolongan tim medis untuk mengatasi gangguan mental yang diderita, Anda bisa mengunduh aplikasi curhat online yang ada di Google Play Store dan App Store.

Berikut daftar aplikasinya:

1. Alodokter

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan (startup) lokal bernama Alodokter ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan psikiater dan psikolog.

Saat melakukan konseling, pengguna akan disuguhkan oleh daftar psikitater dan psikolog yang tergabung di Alodokter.

Anda hanya diharuskan membayar Rp15 ribu untuk sekali konsultasi. Pembayaran bisa dilakukan lewat OVO. Anda juga bisa melakukan konsultasi tatap muka dengan memanfaatkan fitur Buat Janji.


2. Riliv 

Aplikasi curhat online selanjutnya ialah Riliv. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 ribu pengguna di Google Play Store.

Anda tidak hanya menikmati fitur konsultasi online dengan psikolog secara anonim tetapi Anda bisa memanfaatkan fitur Meditasi Online Hening, untuk memulihkan kesehatan mental dan dapat dilakukan di mana saja.

Selain itu, Anda juga disuguhkan dengan artikel-artikel kesehatan mental mulai dari bagaimana mengatasi stres pasca melahirkan sampai cara mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

3. Gabut 

Aplikasi Gabut telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna di Google Play Store. Salah satu fitur utama aplikasi ini adalah Anda bisa curhat secara anonim atau tidak mencantumkan identitas.

Selain itu ada juga fitur Gabut Square yang memungkinkan Anda mengunggah hal-hal yang Anda sukai seperti menggambar, menulis cerpen, dan lainnya.

Anda juga bisa bersosialisasi dengan sesama pengguna aplikasi Gabut.


4. Sahabatku

Aplikasi dengan slogan peribahasa, "a friend in need, is a friend indeed" atau seorang teman yang hadir di kala dibutuhkan adalah teman sejati) telah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna di Google Play Store.

Para psikolog yang tergabung di aplikasi Sahabatku merupakan alumni dari Universitas Indonesia yang sudah mendapatkan sertifikasi resmi dari otoritas kesehatan.

Dengan adanya fitur "Channel", memungkinkan Anda untuk menumpahkan segala keluh-kesah kepada ahlinya. Lalu psikolog yang tergabung dalam aplikasi Sahabatku akan membalas cerita melalui alamat email yang Anda cantumkan saat melakukan registrasi. (din/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK