Ramai #FirstMediaDown, Pengguna Diminta Tak Matikan Modem

CNN Indonesia | Senin, 20/04/2020 18:17 WIB
Ilustrasi selancar internet Ilustrasi gangguan internet. (Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Link Net Tbk meminta maaf kepada konsumen First Media atas gangguan koneksi internet yang kemudian dikeluhkan warga dan sempat populer di bahas di media sosial dengan tagar #FirstMediaDown.

Deputy CEO & Chief Operations Officer (COO) PT Link Net Tbk Victor Indajang menyatakan gangguan yang terjadi pada layanan First Media disebabkan gangguan dalam proses sistem provisioning modem atau sistem pengaturan yang membuat modem tidak mendapatkan IP (Internet Protocol) untuk dapat terhubung ke internet.

"Bersama ini kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelanggan setia First Media," ujar Victor dalam keterangan tertulis, Senin (20/4).


Benny menuturkan gangguan pada sistem provisioning yang terjadi berdampak pada sejumlah pelanggan yang tidak dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Namun, dia berkata untuk layanan TV cable tetap berjalan normal.


Lebih lanjut, Victor mengaku pihaknya telah melakukan perbaikan secara intensif dengan mengkonfigurasi ulang semua sistem modem yang bermasalah. Hal itu dilakukan agar layanan internet segera kembali normal bagi pelanggan yang masih mengalami masalah.

"(Perbaikan) mulai kemarin dan bertahap sampai satu hari ke depan," ujarnya. 

Di sisi lain, Victor mengklaim gangguan terjadi pada beberapa pelanggan di kota DKI Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Pelanggan yang terdampak gangguan akan melihat semua lampu berkedip secara terus-menerus.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, pelanggan diharapkan untuk tidak mematikan modem dalam waktu 1 hingga 2 hari ke depan.

"Kami mengerti bahwa kebutuhan internet sangat penting terutama untuk mendukung work from home/WFH atau online learning dan kami pun memahami bahwa permasalahan ini cukup mengganggu," ujar Victor.


Victor menambahkan pihaknya memberikan akses layanan semua TV Channels berisi konten hiburan yang sudah bisa dinikmati hari ini hingga tanggal 30 April 2020 sebagai bentuk permintaan maaf. Dia mengaku pihaknya menyadari kompensasi itu tidak sebanding dengan gangguan internet yang dialami oleh pelanggan.

"Namun kami harapkan dapat menambah rasa aman dan nyaman di rumah, sementara kami terus memperbaiki masalah ini," ujarnya.

Lebih dari itu, dia berkata pelanggan yang masih membutuhkan bantuan dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service melalui email ke customer.service@linknet.co.id atau dengan memanfaatkan fasilitas digital self-care melalui aplikasi My FirstMedia dan portal cek.firstmedia.com.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]