Fitur Video Call WhatsApp 8 Orang Kembali Diuji di Versi Beta

CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2020 14:48 WIB
Ilustrasi Whatsapp Ilustrasi Whatsapp. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Whatsapp dikabarkan sudah mulai melakukan uji coba atas fitur baru berupa penambahan jumlah peserta panggilan suara dan panggilan video dari 4 menjadi 8 peserta.

Peningkatan fitur layanan panggilan itu mengikuti kebutuhan 2 miliar pengguna Whatsapp yang harus beraktivitas dari rumah selama pandemi virus corona SARS-CoV-2 (Covid-19) guna menekan jumlah kasus penularan.

Berdasarkan informasi WABetaInfo, Whatsapp beta build v2.2.128 batas panggilan grup baru tampaknya telah ditingkatkan dari 4 menjadi 8 peserta. Meski tidak bisa banyak seperti Google Hangouts atau bahkan Facebook Messenger, peningkatan fitur itu merupakan hal yang baik.


Melansir 9to5google, ujicoba fitur baru itu dilakukan secara terbatas. Sebab, fitur itu baru saja ditemukan dalam versi beta 2.20.133.


Selain itu, peningkatan fitur hanya akan tersedia jika semua penelepon menggunakan pembaruan sesuai dengan string kode, yang berarti harus memastikan semua peserta memperbarui aplikasi mereka secara teratur. 

Sebelum melakukan ujicoba peningkatan jumlah peserta dalam fitur panggilan video, Whatsapp telah meluncurkan pembaruan v2.20.129 untuk Android dan v2.20.50.23 di iOS. Pembaruan itu membuat pengguna aplikasi mengetahui bahwa panggilannya dienkripsi ujung-ke-ujung selama panggilan berlangsung.

Melansir GSM Arena, pengujian fitur baru bisa dilakukan dengan mengunduh Whatsapp Beta pada iOS dan Android. Sehingga mungkin perlu waktu untuk menjangkau semua pengguna.


Berdasarkan informasi, tidak ada perbedaan cara untuk menggunakan panggilan audio atau video grup. Cara pertama, pengguna bisa menekan ikon 'Call', lalu klik ikon 'Call+' di bagian kanan atas. Setelah itu pilih panggilan grup baru dan pilih siapa saja yang hendak dihubungi.

Cara kedua, pengguna bisa membuka grup dan pilih ikon Call+ di kanan. Lalu pilih siapa saja anggota grup yang hendak dihubungi.

Saat ini, jumlah panggilan suara atau video hanya bisa untuk empat peserta. Mungkin, panggilan bisa menjadi 8 peserta setelah pembaruan fitur resmi dirilis oleh Whatsapp.

(jps/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK