Incar Pengguna Apple, Pesan Aneh Bikin iPhone Hingga Mac Eror

din, CNN Indonesia | Jumat, 24/04/2020 10:20 WIB
Penjualan perdana iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR serta Apple Watch series 4 di Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono) Ilustrasi. Bug yang dipicu dengan teks berupa karakter aneh bikin perangkat Apple mulai dari iPhone hingga Mac eror(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Susunan karakter aneh (string character) berhasil membuat perangkat Apple mulai dari iPhone, iPad, Mac, dan Apple Watch eror.

Saat karakter ini dikirimkan lewat layanan aplikasi pesan instan, email, atau aplikasi pesan lain, alhasil perangkat Apple penerima bakal terasa lebih lambat bahkan sampai berhenti berfungsi sementara. 

Dalam kasus ini, string tersebut dikirim lewat pesan teks berupa emoji bendera Italia disertai karakter bahasa Sindhi, yaitu bahasa resmi di Pakistan dan India. String sendiri merupakan gabungan huruf, angka, white space (spasi), dan berbagai karakter lain.




Seorang pengguna lewat akun @EveryApplePro bahkan melaporkan karakter aneh yang dikirimkan itu bahkan tak perlu menambatkan bendera Italia untuk membuat kinerja iPhone terganggu.



Berdasarkan informasi yang beredar di Reddit, string ini pertama kali beredar di Telegram dan Twitter. Apple baru akan menanggulangi masalah bug string teks ini lewat pembaruan iOS 13.4.2 atau 13.4.5 versi beta dalam waktu dekat.

Dilaporkan, pengguna tak bisa mencegah eror. Perangkat Appe akan crash dan tak bereaksi (freeze) begitu pesan diterima.

Sebetulnya jenis bug serupa sudah muncul sejak 2015. Kemudian kejadian serupa pun sempat muncul kembali tahun 2018.

Saat itu bug menyerang ribuan perangkat iPhone, iPad, dan Mac. Lalu Apple pun bergegas mengatasi masalah bug ini dengan merilis pembaruan iOS.

Pelaku mengirimkan string dalam bahasa Telugu (bahasa utama yang dituturkan negara bagian Andhra Pradesh, Asia Selatan).

Cara mengatasi iPhone yang eror akibat terkena karakter aneh:

1. Reboot
Selagi menunggu, perusahaan yang digawangi Tim Cook ini menyarankan kepada penggunannya untuk melakukan but ulang (reboot) perangkat jika mengalami kendala saat menerima bug string teks itu, seperti dilansir 9to5mac

2. Restore dalam mode DFU
Selain mem-but ulang, ada juga cara lain supaya perangkat Apple jika menerima bug yaitu dengan DFU Mode, dikutip MacRumors

DFU Mode ini mesti dilakukan sebagai jalan terakhir jika terjadi masalah pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, bahkan Mac.

3. Matikan notifikasi
Bug ini juga mempengaruhi notifikasi pada perangkat. Sehingga, disarankan pengguna mematikan notifikasi untuk mencegah terserang bug tersebut. (eks/eks)

[Gambas:Video CNN]