Hino Gandeng Merek China BYD Rancang Bus dan Truk Listrik

CNN Indonesia | Sabtu, 25/04/2020 00:58 WIB
Hino Kenalkan Konsep Si Serba Guna ‘FlatFormer’ Hino Kenalkan Konsep Si Serba Guna ‘FlatFormer’. (CNN Indonesia/Arif Hulwan Muzayyin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen truk Hino Motors, anak perusahaan Toyota Motor Corporation, dilaporkan telah bekerja sama dengan produsen mobil listrik asal China, BYD, untuk mengembangkan mobil komersial berteknologi listrik.

Automotive News menjelaskan pada Jumat (24/4),  BYD dan Hino bakal fokus mengembangkan kendaraan listrik jenis bus dan truk. Sedangkan BYD dan Toyota berkolaborasi pada pengembangan mobil penumpang listrik.

Hino saat ini sudah mengembangkan truk listrik, namun sejauh ini belum mencapai titik penjualan. Hino telah menunjukkan hasil riset mereka berupa model konsep FlatFormer di Tokyo Motor Show pada Oktober 2019.


FlatFormer diibaratkan seperti hak sepatu yang bisa digunakan sebagai fondasi berbagai jenis kendaraan.

BYD bukan satu-satunya pihak China yang diajak Hino bekerja sama. Hino juga telah memproduksi truk di China bersama perusahaan lokal di Ghuangzhou, GAC, yang merupakan rekanan Toyota.

Sementara BYD, yang disokong investor Amerika Serikat, Warren Buffet, sudah menghasilkan kendaraan komersial listrik termasuk bus dua lantai (double decker) di London dan unit pembersih jalan di Beijing.

Toyota sedang dalam misi menjadikan mobil listrik berkontribusi separuh penjualan mobil pada 2025. Toyota saat ini sedang mengembangkan produksi baterai sendiri sebagai bagian dari proyeksi pentingnya pasar mobil listrik pada masa mendatang. (fea)

[Gambas:Video CNN]