Kisah Kontroversial Carlos Ghosn Menggoda Hollywood

CNN Indonesia | Selasa, 28/04/2020 14:45 WIB
Nissan's former chairman Carlos Ghosn at a press conference in Beirut, Lebanon, Wednesday, Jan. 8, 2020. (AP Photo/Maya Alleruzzo) Mantan bos besar Nissan, Carlos Ghosn. (AP Photo/Maya Alleruzzo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan bos besar Nissan yang kontroversial, Carlos Ghosn, dilaporkan tengah berdiskusi dengan produser Hollywood Michael Ovitz untuk mendramatisasi ceritanya kabur dari Jepang menjadi film atau serial.

Japan Times mengabarkan seorang narasumber mengatakan Ovitz, mantan Presiden Walt Disney Co, sedang mengevaluasi proposal yang diajukan kepadanya dan kemungkinan bakal membantu pembuatan film atau proyek televisi.

Ghosn telah menjadi tahanan Jepang sejak November 2018. Dia menghadapi serangkaian tuduhan kecurangan finansial, termasuk penggelapan nilai pendapatan, yang diajukan Nissan.


Selama berada di Jepang, Ghosn selalu menyangkal tuduhan dan sempat menyatakan ada upaya dari eksekutif Nissan yang ingin menjatuhkannya.

Pada 29 Desember 2019, Ghosn diketahui meninggalkan kediamannya di Tokyo. Dia dan dua orang warga Amerika Serikat menumpangi shinkansen dari Shinagawa ke Osaka, kemudian menuju hotel dekat Kansai International Airport.

Keesokan harinya, kamera pemantau memperlihatkan dua orang AS itu meninggalkan hotel sambil membawa dua kotak besar yang salah satunya diduga menyembunyikan Ghosn.

Ghosn pergi dari Jepang menggunakan pesawat jet pribadi jenis Bombardier berlabel TC-TSR yang mendarat di Istanbul, Turki, pada 30 Desember 2019.

Wall Street Journal menjelaskan kotak yang menyembunyikan Ghosn merupakan peti yang biasa digunakan musisi mengangkut perlengkapan audio. Bagian bawah kotak itu disebut sengaja dilubangi buat jalur pernapasan Ghosn selama perjalanan.

Setelah menunggu selama 45 menit di Istanbul, Ghosn kemudian terbang menggunakan jet pribadi kedua ke Beirut, Libanon.

Saat konferensi pers di Libanon pada 9 Januari 2020, Ghosn mengatakan, dia kabur karena merasa tidak diperlakukan adil dengan sistem peradilan di Jepang. Dia mengungkap ada kolusi antara Nissan dan jaksa penuntut serta terdapat upaya menunda persidangannya.

Sejauh ini belum diketahui pasti perkembangan dramatisasi kisah Ghosn oleh Ovitz yang berpengalaman dengan artis seperti Tom Cruise dan Sylvester Stallone. Sumber mengatakan rencana pembuatan film atau serial masih dalam tahap diskusi.

Infografis Alur Cerita Pelarian diri Ghosn Infografis alur cerita pelarian Carlos Ghosn. (CNN Indonesia/Fajrian)
(fea/fea)

[Gambas:Video CNN]