Google Doodle Hadirkan Gim Musik Karya Oskar Fischinger

CNN Indonesia | Kamis, 30/04/2020 00:32 WIB
Logo Google Ilustrasi Google. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini tampilan beranda situs pencarian Google menyuguhkan permainan yang terinspirasi dari animator musik abstrak keturunan Jerman-Amerika, Oskar Fischinger.

Fischinger lahir di Gelnhausen, Jerman pada 22 Juni 1900 dan meninggal di Los Angeles, AS pada 31 Januari 1967. Ia tidak hanya berperan sebagai animator musik abstrak, tetapi ia juga pembuat film dan pelukis.

Fischinger mulai dikenal masyarakat karena ia mahir membuat komputer grafis dan video, seperti dikutip situs Center For Visual Music.


Salah satu karya terbaik yang pernah ia buat adalah, Fischinger membuat efek khusus dalam film panjang Woman in the Moon karya Fritz Lang yang tayang tahun 1929.


Selama Fischinger hidup, ia telah menghasilkan lebih dari 50 film pendek, 800 lukisan dalam kanvas yang beberapa di antaranya terpajang di museum-museum di seluruh dunia.

Namun, ada satu karya yang menjadi titik balik kehidupan Fischinger yaitu film pendek berjudul Motion Painting No.1 yang ia buat tahun 1947.

Film pendek itu menggabungkan musik klasik berjudul Brandenburg Concerto No. 3 dan BWV 1048 yang dibuat oleh Johann Sebastian Bach, dengan gabungan gambar-gambar yang membentuk gerak henti dalam tumpukan kaca akrilik.

Akibatnya, pemerintah Amerika Serikat pada waktu itu memasukkan karya Fischinger tersebut ke arsip di Pendaftaran Film Nasional milik Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.


Hingga beberapa hari yang akan datang Google akan meluncurkan kembali sejumlah game doodle lawas sebagai salah satu cara menyemangati orang-orang yang terdampak oleh pandemi Covid-19 ini.

"Seiring Covid-19 terus mempengaruhi komunitas di seluruh dunia, orang dan keluarga di mana pun menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Sehubungan dengan ini, kami meluncurkan seri Doodle throwback sambil melihat kembali beberapa game Google Doodle interaktif populer kami!" tulis Google dalam laman resmi Google Doodle.

Game pertama yang muncul dalam serial ini ialah 'Coding' yang menjadi hit di tahun 2017 lalu yang saat itu dibuat untuk merayakan Kids Coding yang ke-50 tahun. Game kedua yang dihadirkan adalah Kriket.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]