Bocoran Fitur Baru WhatsApp yang Bisa Satu Akun Ada di Dua HP

CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2020 14:38 WIB
thumbnail video whatsapp Ilustrasi. Bocoran fitur baru Whatsapp yang satu akun bisa dipakai di dua hp berbeda. (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- WABetaInfo memberikan bocoran berupa tangkapan layar bagaimana tampilan fitur baru Whatsapp dimana satu akun bisa digunakan pada dua perangkat handphone (HP) berbeda.

Sebelumnya, akun Whatsapp hanya bisa digunakan di satu perangkat saja. Ketika pengguna login di perangkat lain baik ponsel atau tablet, maka akun Whatsapp di ponsel sebelumnya akan terhapus.

WABetaInfo sendiri dikenal kerap memberikan bocoran akurat fitur-fitur yang akan diluncurkan Whatsapp.

Fitur anyar agar satu akun bisa digunakan di dua perangkat berbeda ini sudah dimasukkan ke pembaruan Google Play Beta.


Sehingga fitur ini baru bisa digunakan oleh para pengguna Whatsapp Beta lewat pembaruan Whatsapp 2.20.143. Fitur ini belum tersedia untuk pengguna Whatsapp secara keseluruhan.

Fitur satu akun dua perangkat



Dari tangkapan layar itu tampak kalau penguna mesti memindai kode QR agar bisa menggunakan akun yang sama di perangkat kedua.

Sebelumnya, pemindaian ini hanya bisa dilakukan jika pengguna ingin menggunakan Whatsapp Web di desktop atau laptop. Tapi, dengan fitur baru ini Whatsapp menambahkan keterangan kalau kode QR itu bisa digunakan untuk membuka aplikasi Whatsapp di perangkat lain.

Fitur multi perangkat atau Support for Multiple Devices telah dikembangkan Whatsapp sejak tahun lalu. Fitur ini termasuk yang paling ditunggu lantaran pengguna kerap memiliki banyak perangkat. Namun, mereka ingin menggunakan akun Whatsapp yang sama.

Jika fitur ini meluncur, maka impian untuk membuat satu akun WhatsApp bisa dipakai berbagai ponsel secara bersamaan bisa terwujud.

Aplikasi untuk iPad

Whatsapp juga dikabarkan tengah mengembangkan aplikasi yang bakal bisa dipakai di iPad. Sebab, selama ini pengguna iPad mesti gigit jari lantaran layanan pesan instan itu tak kompatibel dengan tablet besutan Apple itu.

WhatsApp belum mengumumkan tanggal peluncuran fitur multi perangkat. Fitur satu akun WhatsApp yang dapat dipakai banyak perangkat ini terbilang cukup terlambat.

Sebab, fitur tersebut sudah dimiliki oleh berbagai layanan pesan instan lain seperti Telegram dan Line misalnya.

Fitur ini akan sangat penting, terutama jika pengguna memiliki tablet dan ingin WhatsApp bisa digunakan bersamaan dari tablet maupun ponsel.

Permintaan tersambung ke Wifi

Whatsapp juga tengah mengembangkan permintaan untuk tersambung dengan Wifi pada aplikasi versi Android. Kemungkinan fitur ini diperlukan agar pengguna bisa menghemat kuota data saat login di perangkat baru.

Ketika akun dikloning ke ponsel kedua, kemungkinan semua data yang Whatsapp yang ada di ponsel sebelumnya mesti ikut dipindahkan.

Sehingga, bisa saja membuka akun di perangkat kedua bakal memakan data yang sangat besar. Apalagi jika akun Whatsapp itu punya banyak grup yang kerap berbagi foto dan video.

Pembaruan ini berada di WhatsApp Beta versi 2.20.143.Saat pertama kali log in di perangkat baru, pengguna akan diminta untuk tersambung ke Wifi.

Akan tetapi, pengguna tetap bisa menggunakan kuota seluler untuk dapat login. WhatsApp akan mendapatkan informasi bahwa menggunakan data seluler akan membuat proses log in lama dan proses log in bisa menguras kuota. (jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]