Facebook dan Whatsapp Bersatu Bisa Video Call 50 Orang

CNN Indonesia | Selasa, 12/05/2020 14:19 WIB
Fitur Video Call WhatsApp Ilustrasi Whatsapp call. (Dok. WhatsApp)
Jakarta, CNN Indonesia -- Whatsapp tengah menguji untuk melakukan integrasi panggilan video dengan Facebook lewat Messenger Room pada versi desktop. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan panggilan video dengan 50 orang sekaligus.

Namun, panggilan hingga 50 orang ini hanya berlaku untuk layanan Whatsaapp Web, alias harus dilakukan di desktop. Laporan di WABetaInfo menunjukkan bahwa fitur tersebut telah tersedia untuk beberapa pengguna di tengah kebijakan Work From Home (WFH) di tengah pandemi virus corona.

WABetaInfo melaporkan fitur itu akan tersedia di versi web Whatsapp 2.2019.6 yang akan segera diluncurkan. Peluncuran Messenger Room pada Whatsapp diharapkan menjadi alternatif konferensi video real-time banyak orang seperti Zoom, Microsoft Tim, dan Google Meet.


Melansir Tech Radar, Facebook telah mengumumkan peluncuran Messenger Rooms sebagai penantang platform panggilan video seperti Zoom, Google Meet, Skype, Microsoft Team dll. Dengan integrasi dengan Whatsapp, Messenger Rooms bisa menjadi cara termudah untuk berkomunikasi melalui video konferensi di web.

Peluncuruam. Messenger Rooms pada Whatsapp desktop akan menambah pukulan bagi Zoom yang telah lebih awal menghadapi banyak masalah keamanan dan privasi. Sedangkan Google Meet mengharuskan pengguna untuk memiliki akun email di Gmail. 

Adapun Google Duo yang sempat meminta nomor telepon untuk masuk telah menghapus persyaratan itu agar dapat unggul dalam persaingan layanan konferensi video yang dimulai sejak lockdown terkait Covid-19 melanda dunia.

Pada saat meluncurkan Messenger Rooms, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengindikasikan bahwa fitur itu akan dapat beroperasi di Whatsapp, Instagram, dan Portal yang merupakan aplikasi obrolan video milik Facebook.

Peluncuran uji coba integrasi Whatsapp dengan Room adalah bukti yang cukup bahwa Facebook berharap untuk segera menawarkan pengalaman tanpa batas kepada pengguna di seluruh keluarga aplikasi.

Whatsapp untuk versi desktop akan mendapatkan pintasan ke Messenger Room dan pengguna akan secara otomatis dibawa ke jendela Room untuk memulai panggilan video dengan teman. 

Mereka dapat memulai panggilan video atau panggilan dari salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Setelah pengguna mengeklik pintasan, pengguna akan ditanya apakah mereka ingin membuat ruang dari Whatsapp atau langsung menuju ke Messenger Room.

Peluncuran fitur itu dikabarkan akan memakan waktu cukup lama mengingat fakta bahwa Messenger Rooms sendiri belum tersedia untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Melansir India Express, Facebook baru pertama kali mengintegrasikan Messenger, WhatsApp, dan Instagram. Gagasan di balik mengintegrasikan platform adalah untuk menawarkan pengalaman tanpa batas kepada pengguna di seluruh aplikasi Facebook.

Cara menggunakan Messenger Room diklaim semudah menggunakan aplikasi lain.  Untuk memulai panggilan, host hanya perlu membuat room terlebih dahulu dengan mengklik ikon video di Facebook Messenger dan berbagi tautan dengan orang-orang yang diajak bergabung.  

Hal terbaik tentang Messenger Room adalah siapa pun, dengan atau tanpa akun Facebook akan dapat bergabung. Setiap orang dapat bergabung dalam panggilan melalui telepon atau PC.

Mirip dengan semua platform konferensi video lainnya, host panggilan akan menjadi satu-satunya yang dapat menambahkan orang ke panggilan dan untuk memulai panggilan. Jika host meninggalkan panggilan itu maka akan berakhir pula untuk setiap peserta.  

Tuan rumah memiliki kewenangan lebih dari peserta, misalnya dapat menghapus atau menambahkan peserta. Jika peserta meninggalkan panggilan, ruang panggilan secara otomatis mengunci orang itu.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]