GTA 5 Bisa Diunduh Gratis, Epic Games Store Sempat Eror

din, CNN Indonesia | Jumat, 15/05/2020 09:43 WIB
A visitor plays video games at the Tokyo Game Show on September 21, 2018.  / AFP PHOTO / Martin BUREAU Ilustrasi (AFP PHOTO / Martin BUREAU)
Jakarta, CNN Indonesia -- Euforia pengguna untuk mengunduh gim Grand Theft Auto (GTA) 5 secara gratis di Epic Games Store sempat membuat toko aplikasi gim itu eror.

GTA 5 dikabarkan sudah bisa diunduh secara gratis mulai pekan ini sampai 21 Mei 2020. GTA 5 sendiri adalah gim aksi petualangan besutan perusahaan permainan video AS, Rockstar North yang dipublikasikan oleh Rockstar Games.

"Kami saat ini menghadapi lalu lintas tinggi di Epic Games Store. Kami menyadari bahwa pengguna mungkin menghadapi waktu pemuatan (loading) yang lambat, 500 eror (error 500), atau saat meluncurkan toko menjadi terhenti dan kami secara aktif bekerja untuk meningkatkan skala. Kami akan memberikan pembaruan sesegera mungkin," cuit @EpicGames.

Kode "error 500" sendiri adalah kode HTTP yang merujuk pada masalah pada server situs tersebut. Namun, server tak bisa menjelaskan secara spesifik letak eror tersebut.




"Kami memahami bahwa banyak pengguna tidak dapat mengakses Epic Games Store saat ini. Kami menghargai kesabaran Anda karena kami terus berupaya mencapai resolusi untuk mengurangi lalu lintas," lanjut perusahaan.



Awalnya, kabar ini berhembus lewat cuitan akun Twitter resmi Epic Games Store pada Selasa (12/5) lalu tetapi sudah dihapus. Kendati demikian, salah satu penggiat gim @Wario64 mengunggah cuplikan video dari cuitan Epic Games Store itu sebelum dihapus.

Di dalam video tersebut Epic Games Store sempat mencuitkan, "Dapatkan Grand Theft Auto V secara gratis untuk PC sampai 21 Mei" seperti dilansir Polygon.



Sontak, para penggemar gim GTA 5 buru-buru menyerbu toko dan terjadi kepadatan lalu lintas sehingga terjadi sejumlah masalah.

Epic Games Store sebetulnya telah menawarkan beberapa gim yang dapat diunduh secara gratis sejak 2019, seperti dikutip The Verge. Awal tahun ini, perusahaan mengumumkan akan terus menyediakan gim gratis. 

Menyoal singkat GTA 5, gim ini mengusung genre aksi-petualangan. GTA 5 tersedia untuk beragam konsol termasuk komputer dan meluncur pada September 2013 silam.

Melansir Gamespot, GTA 5 jadi gim terlaris kedua sepanjang masa dengan penjualan lebih dari 120 juta dan pendapatan sekitar US$6 miliar di seluruh dunia.

Di Steam, gim ini dibanderol Rp290 ribu, sementara di PlayStation Store dijual seharga Rp429 ribu. (eks/eks)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK