SpaceX Akan Bawa Foto Siswa Lulusan 2020 Dipajang di ISS

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 20:51 WIB
TITUSVILLE, FLORIDA - APRIL 11: People watch as the SpaceX Falcon Heavy rocket lifts off from launch pad 39A at NASAs Kennedy Space Center on April 11, 2019 in Titusville, Florida. The rocket is carrying a communications satellite built by Lockheed Martin into orbit.   Joe Raedle/Getty Images/AFP Ilustrasi SpaceX. (Joe Raedle/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX mengajak para siswa yang lulus tahun 2020 untuk mengirimkan foto selfie mereka bersama figur mosaik Bumi. Foto tersebut kemudian bakal dipajang di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sebelumnya, Facebook juga sempat menyelenggarakan acara khusus untuk merayakan kelulusan siswa angkatan 2020 dengan tema Facebook's #Graduation2020.

"Dalam upaya merayakan kelas 2020, SpaceX dan NASA mengundang siswa dari seluruh dunia untuk mengirimkan foto untuk diterbangkan ke luar angkasa," tulis SpaceX lewat laman resmi mereka dikutip CNET.


"Foto akan dicetak dan diterbangkan dengan pesawat milik SpaceX yaitu Crew Dragon untuk misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS)," lanjut SpaceX.


Pada misi ke ISS itu, NASA akan menerbangkan dua astronautnya yaitu Bob Behnken dan Doug Hurley pada 27 Mei mendatang dari Kennedy Space Center NASA di Florida, AS.

Misi itu diberi nama Demo-2 dan bertujuan untuk menguji kemampuan pesawat Crew Dragon milik SpaceX sebelum memulai penerbangan operasionalnya, seperti dikutip Space.

Sebelumnya, SpaceX sempat menunda uji coba kapsul ruang angkasa Crew Dragon setelah muncul gumpalan asap oranye saat djajal di Cape Canaveral, Florida.

Administrator NASA Jim Bridenstine pun mengkonfirmasi insiden itu melalui cuitan di akun Twitter pribadinya. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengetahui hasil uji coba kapsul SpaceX Crew Dragon, menanggapi hal itu NASA akan memastikan misi komersial yang direncanakan dengan SpaceX akan terus berlanjut.



Uji coba mesin ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan Crew Dragon saat mengangkut astronaut dan kemungkinan adanya kesalahan selama mengorbit.

Selama proses pengujian, delapan mesin SuperDraco yang tertanam di dalam kapsul akan menyala yang dapat menunjukkan bahwa kapsul ruang angkasa ini dapat menarik diri menjauh dari roket.

Selain dirancang untuk menjaga kru astronaut, mesin SuperDraco ini juga digunakan jika terjadi keadaan darurat selama penerbangan berlangsung. SpaceX sendiri telah menguji keberhasilan fungsi mesin SuperDraco pada peluncuran 2015 silam.

Jika tertarik, Anda bisa mengunggah foto terbaik ke situs https://www.spacex.com/classof2020. Aksi ini akan ditutup Space pada Rabu (20/5) lusa.

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]