Tips Teknologi

Tips Mudah Atasi Layar Ponsel Pecah

CNN Indonesia | Minggu, 24/05/2020 15:18 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Ilustrasi layar ponsel pecah. (Andhika Akbarayansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hampir seluruh ponsel pintar saat ini memiliki layar penuh. Kondisi itu membuat peluang layar hancur ketika ponsel terjatuh sangat besar.

Namun, pengguna harus memahami ada sejumlah tingkatan terkait layar yang rusak. Mulai dari membuat ponsel tidak berfungsi hingga hanya retakan kecil di sejumlah sudut layar ponsel.

Melansir Popular Mechanics, hal pertama yang harus dilakukan ketika layar rusak adalah menilai seberapa parah kerusakan. Jika posisi layar masih pada tempatnya dan bisa menyala, kondisi itu bukan merupakan masalah yang harus ditangani segera.


Namun, anda harus membuat cadangan terhadap foto, video, dan vile, ketika layar menunjukkan kerusakan parah. Tindakan itu haru dilakukan agar data aman ketika ponsel tiba-tiba mati karena kerusakan layar.
 
Berikut cara yang bisa dilakukan ketika kondisi layar hancur:


Lapisi dengan selotip

Terkait kondisi layar hancur namun masih bisa berfungsi, selotip bisa menjadi solusi. Selotip bisa digunakan untuk melapisi layar yang hancur dan bertindak layaknya pelindung layar asli. Layar hancur yang dilapisi selotip bisa melindungi melindungi tangan dari goresan layar yang hancur.

Pasang pelindung layar

Pemasangan pelindung layar yang sebenarnya adalah langkah lebih profesional dalam mengatasi layar ponsel yang hancur namun masih berfungsi. Pemasangan pelindung layar membuat ponsel bebas dari garis yang ditimbulkan saat pemasangan selotip.

Ganti layar sendiri

Penggantian layar ponsel yang rusak tanpa harus datang ke toko adalah hal opsi yang mungkin bisa dilakukan. Hal utama yang haru diperhatikan ketika hendak mengganti layar sendiri adalah alat.

Jika tidak punya alat, sebaiknya kunjungi toko yang uang menjual layar berikut pemasangan. Atau membeli layar sendiri untuk kemudian dibawa ke toko untuk dipasang.

Hubungi profesional

Menghubungi profesional adalah hal yang bisa dilakukan ketika bingung dengan kondisi dan efek dari layar ponsel yang hancur. Saat ini, banyak toko yang menyediakan layanan perbaikan layar ponsel yang hancur karena jatuh hingga karena faktor lain.


Melansir Life Hacker, ada sejumlah alat yang juga harus tersedia untuk memperbaiki layar ponsel sendiri. Alat utama yang dibutuhkan adalah kit obeng ukuran kecil untuk membuka layar dan casing ponsel.

Jenis mata obeng khusus juga harus disediakan mengingat beberapa ponsel memiliki sekrup yang tidak umum. Kemudian, alat pembuka layar atau screen pry juga harus tersedia agar layar yang sudah bisa dilepas.

Memperbaiki layar yang rusak dapat menjadi sangat sederhana dan murah, atau sangat mahal tergantung dari kondisinya. Dalam beberapa kasus, unit pengganti menjadi sangat mahal ketika ketika layar kaca ponsel dan digitizer menyatu.

Namun, perbaikan hanya dengan membeli layar pengganti yang cukup murah jika layar terpisah dengan digitizer.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]