Instagram Tambah Fitur Kurangi Stres dan Cemas Kala Corona

CNN Indonesia | Rabu, 20/05/2020 05:00 WIB
Tangkapan layar fitur Guide (Panduan) Instagram Instagram. (Screenshot via Instagram (@sudahdong))
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan media sosial populer, Instagram hari ini mengumumkan bahwa pihaknya telah menambahkan satu fitur baru yang bertujuan untuk mengurangi stres dan mengelola kecemasan selama pandemi virus corona SARS-Cov-2 (Covid-19).

Menurut keterangan CEO Instagram, Adam Mosseri lewat akun Twitter pribadi-nya @mosseri, fitur ini diberi nama Guide.

Lalu ia menambahkan cuitan baru yang menyatakan bahwa ide awal Guide dirancang untuk memberikan panduan kepada pengguna yang hendak bepergian untuk liburan ke luar negeri atau di dalam negeri.


"Mulai hari ini, Anda dapat melihat Panduan (Guide), cara baru untuk menemukan rekomendasi di Instagram. Kami tahu orang-orang berjuang karena Covid-19. Jadi, Panduan fokus pada konten kesehatan dari organisasi dan konten kreator terpercaya," cuit Mosseri.

"Fakta menarik, Panduan awalnya dirancang untuk memberikan panduan perjalanan tetapi kami memutar ide untuk fokus pada kesehatan karena pandemi," lanjut dia.




Melansir blog resmi Instagram dari The Verge, pengguna diminta untuk membuka akun organisasi dan konten kreator yang telah terafiliasi dengan perusahaan yaitu @afspnational, @heads_together, @vitaalere, @klicksafe, @headspace_aus, @deepikapadukone, @sudahdong, dan @eenfance.

Saat menggunakan fitur Guide, Anda dapat melihat unggahan berbentuk teks maupun video yang telah dibuat dan berisi tips dan saran yang tentunya bermanfaat.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut terkait unggahan tertentu, Anda dapat mengetuk gambar atau video untuk melihat unggahan yang asli.

"Anda juga dapat berbagi Panduan untuk diintegrasikan di Stories atau Direct Message dengan mengetuk tombol Share (bagikan) di sudut kanan atas," kata Tim Instagram.


Bagi para pengguna di Indonesia, Instagram telah melakukan kemitraan dengan komunitas yang bergerak di sektor kesehatan mental yakni Sudah Dong (nama akun Instagram-nya @sudahdong).

Berikut cara melihat unggahan @sudahdong di kolom fitur Guide:

1. Buka aplikasi Instagram.
2. Login terlebih dahulu.
3. Cari akun @sudahdong pada ikon Search (Pencarian).
4. Lalu klik ikon Guide (Panduan) tepat di sebelah kanan ikon unggahan asli.
5. Lalu pilih konten yang ingin dipelajari. Hari ini saat @CNNIndonesia.com memeriksa unggahan, sudah ada tiga konten yang disajikan yaitu Safe Internet Use, Anti Bullying 101, dan How to Deal with Bullying.
6. Misal pilih konten Anti Bullying 101, nantinya Anda disuguhkan dengan informasi seputar bullying (perundungan).

(din/DAL)

[Gambas:Video CNN]