Warga Bandung Akui Dengar Dentuman Hingga Enam Kali

CNN Indonesia | Kamis, 21/05/2020 12:25 WIB
Explosion of brown powder on black background. Ilustrasi. (istock/Vitalina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suara dentuman terdengar oleh warga di sekitar Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (21/5) pagi. Warga mengaku tak hanya sekali mendengarnya.

Salah seorang warga Kabupaten Bandung, Nuruliah, menyebut bahwa suara dentuman di atas langit terdengar olehnya sekitar pukul 09.30 WIB.

"Awalnya teman saya nge-WA jam 8-an pagi. Dia ngasih tahu ada suara dentuman. Eh pas ke sini-sini saya dengar sendiri suaranya," kata dia, dikutip dari Antara.


Warga lainnya, Hidayat, menuturkan suara dentuman terdengar beberapa kali olehnya sekitar jam 08.00 WIB.

"Jam 8 tadi masih tiduran terus tiba-tiba seperti ada suara mendentum gitu. Saya pastiin apa dan pas keluar luar rumah, itu suara dentuman dari langit," kata warga Desa Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung itu.

Hidayat mengaku mendengar suara dentumam dari lagi hingga enam kali.

Infografis Erupsi Gunung BerapiFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
"Saya saya dengar sih ada mungkin lima hingga enam kali," kata dia.

Peneliti Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan suara dentuman di Bandung bukan yang pertama kali. Terhitung sudah terjadi empat kali suara dentuman misterius terjadi di Pulau Jawa dalam beberapa waktu terakhir.

Pertama, saat Gunung Anak Krakatau yang mengalami erupsi pada awal April. Erupsi Gunung Anak Krakatau saat itu dikabarkan menyebabkan suara dentuman dan gemuruh. Namun sejumlah ahli akhirnya meralat asal suara tersebut.

Sebagian besar ahli sepakat dentuman misterius yang didengar warga Jabodetabek dan sebagian warga di wilayah Jawa Barat bukan akibat erupsi Gunung Anak Krakatau.

Namun, pakar vulkanologi Soerono meyakini dentuman yang terdengar di sekitar Jabodetabek pada Sabtu (11/4) berasal dari erupsi Gunung Krakatau.

(Antara/arh)

[Gambas:Video CNN]