Cara Gunakan Video Call Instagram Sampai 50 Orang

CNN Indonesia | Sabtu, 23/05/2020 13:55 WIB
Fitur Night Mode atau Mode Gelap yang sudah dapat diapplikasikan digawai sekarang merambah ke applikasi instagram dan youtube. Ilustrasi Instagram. (CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram saat ini bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Panggilan video ini terintegrasi dengan platform panggilan video milik Facebook, yaitu Messenger Rooms.

Facebook sebelumnya telah mengumumkan Messenger Rooms sebagai penantang aplikasi panggilan video seperti Zoom, Google Hangouts, hingga FaceTime.


Tak hanya di Instagram, Facebook juga telah mengumumkan Messenger Rooms akan terintegrasi dengan WhatsApp. Dengan integrasi dengan Whatsapp, Messenger Rooms bisa menjadi cara termudah untuk berkomunikasi melalui video konferensi di web.


Kebijakan ini diambil Facebook untuk merespon minat masyarakat terhadap aplikasi panggilan video di saat pembatasan aktivitas di luar rumah akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari MacRumors, pengguna harus memiliki aplikasi Facebook Messenger. Sebab sesungguhnya panggilan video dilakukan oleh aplikasi Facebook Messenger. Instagram hanya berfungsi untuk mengantarkan pengguna ke Facebook Messenger.




Cara menggunakan fitur:

1. Luncurkan Instagram, dan tekan ikon pesawat kertas 'DM' Instagram yang berada di kanan atas layar untuk masuk ke direct message.

2. Tekan ikon 'Kamera' di pojok kanan atas.

3. Tekan 'Create a Room'

4. Pilih 'Create Room as [Nama Anda]

5. Pilih orang-orang yang hendak Anda undang

6. Anda bisa pilih 'Join Room' untuk memulai panggilan video atau memilih 'Send Link' untuk membagikan tautan kepada orang lain agar mereka bisa ikut bergabung.

7. Ketika memilih ' Join Room', sistem akan otomatis menutup Instagram dan meluncurkan panggilan video di Facebook Messenger. (jnp/fea)

[Gambas:Video CNN]