Elon Musk Ganti Nama Anaknya, Tetap Sulit Diucapkan

CNN Indonesia | Senin, 25/05/2020 20:10 WIB
SpaceX founder Elon Musk addresses the media during a press conference announcing new developments of the Crew Dragon reusable spacecraft, at SpaceX headquarters in Hawthorne, California on October 10, 2019. (Photo by Philip Pacheco / AFP) Elon Musk. (AFP/PHILIP PACHECO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Elon Musk dan Grimes memutuskan mengubah penulisan nama anak pertama mereka dari 'X Æ A-12' menjadi 'X Æ A-Xii'. Bagian yang berubah yaitu angka '12' diganti huruf romawi 'Xii', meski begitu nama unik itu masih tetap sulit diucapkan banyak orang.

Perubahan nama itu diketahui dari Grimes saat membalas komentar netizen di salah satu unggahannya di Instagram pada Minggu (24/5).

"Apakah kalian mengganti nama sang bayi karena aturan hukum California? Lalu apa nama baru bayi ini?" tulis pemilik akun therealsainti, dikutip dari Cnet.


Grimes menjawab ia dan Musk mengubahnya menjadi 'X Æ A-Xii'. Lalu dia juga membalas komentar lainnya dengan mengatakan, "Huruf Romawi. Itu terlihat lebih bagus sejujurnya".

Setelah Musk dan Grimes mengumumkan nama anak mereka pada 5 Mei, ada banyak komentar yang datang dari netizen. Salah satunya mengatakan nama itu tidak akan diterima saat pembuatan akta lahir di California, lokasi kantor pusat Tesla.

Berdasarkan pengacara keluarga di California kepada majalah People, negara bagian tidak mengizinkan nama anak menggunakan angka atau angka romawi pada akta lahir. Nama mesti mengandung karakter dari huruf berbahasa Inggris.

Seorang pengacara hukum keluarga California mengatakan kepada People bahwa negara bagian tersebut tidak mengizinkan simbol, angka atau angka Romawi pada akta kelahiran. Tanda hubung diizinkan, namun kemungkinan 'Æ' akan ditolak.

Meski telah diubah, kemungkinan cara mengucapkan 'X Æ A-Xii' tetap sama seperti sebelumnya. Sebelumnya Musk sudah menjelaskan caranya di podcast Joe Rogan.

"Maksud saya itu hanya X, huruf X, um, dan Æ diucapkan 'Ash', kemudian, A-12 adalah kontribusi saya," kata Musk yang menyebut A-12 berasal dari pesawat Archangel 12, pendahulu SR-71.

Ada beberapa interpretasi atas penjelasan Musk soal penyebutan nama anaknya, yakni 'Ex Ash A Twelve' atau 'Ex Aye Eye'.

[Gambas:Youtube]

(agn/fea)