Ragam Komentar Warganet Menanggapi New Normal

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 26/05/2020 19:54 WIB
Aplikasi buatan lokal Qlue yang hadir sebagai tool pengaduan netizen terhadap pelayanan dinas hingga aksi peredaran narkoba. Ilustrasi media sosial Twitter. (Foto: CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- New normal atau kehidupan normal baru yang bakal diterapkan untuk sejumlah wilayah di Indonesia jika kasus corona (Covid-19) turun menuai beragam komentar dari para warganet di media sosial Twitter.

Percakapan ini lantas merangsek masuk ke daftar topik terpopuler Twitter. Pada pukul 18.15 WIB ada 13.100an cuitan yang membahas new normal. Sementara tercatat di Trends24, tagar new normal populer sejak enam jam yang lalu.

Dari sekian banyak cuitan, tidak jarang dari mereka yang menentang, terkesan tak peduli, atau malah menjadikan istilah tersebut sebagai bahan lucu-lucuan.


Perlu diketahui new normal merupakan upaya 'mengembalikan' masyarakat beraktivitas normal di tengah pandemi corona, namun menggunakan protokol kesehatan untuk pencegahan wabah tersebut.

Kehidupan new normal diberlakukan sampai vaksin corona ditemukan dan diproduksi massal. Artinya kehidupan sosial warga tak benar-benar kembali seperti sebelum wabah melanda.

Namun ada warganet yang agak bingung dengan istilah new normal, salah satunya pemilik akun jangFandi. Ia heran pemerintah ingin menerapkan hal tersebut, sementara kasus corona di Tanah Air masih tinggi dan terus meningkat.

Ada juga netizen yang merayakannya dengan membuka masker saat masuk era new normal, meski itu tidak dibenarkan.



Untuk diingat new normal dalam kondisi warga diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, di antaranya tetap menggunakan masker sebagai penutup hidung dan mulut dan droplet yang bisa menulari orang.

Selain itu ada juga netizen yang membagikan informasi terkait new normal. @MbakKunti15 membagikan video terkait informasi yang harus dilakukan masyarakat saat memasuki era new normal.



Warganet lain justru tak sabar pandemi Covid-19 berakhir. Ia pun berharap pemerintah tegas menjalani new normal untuk menghentikan pandemi virus corona.



Upaya pemerintah ingin memberlakukan new normal terlihat usai Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memberikan panduan bekerja di kantor dan industri untuk mencegah penularan corona pada situasi normal baru pandemi Covid-19.

Pedoman ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. (ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]