Upaya Grab-Kemenparekraf Pulihkan UMKM dan Sektor Pariwisata

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Jumat, 29/05/2020 15:46 WIB
Joseph Goh 98461417
infinitudesg@gmail.com
www.infinitude.biz Ilustrasi (Foto: Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf) Indonesia.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan kerja sama ini merupakan wujud perusahaan dalam mendukung pemerintah untuk mendukung digitalisasi bisnis ekonomi kreatif agar dapat bertumbuh dan memberi layanan bagi masyarakat.


"Kami sangat senang bisa bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk merangkul lebih banyak mitra pelaku ekraf sehingga mereka bisa bangkit dan terus maju di tengah situasi ini," ujar Ridzki melalui keterangannya, Jumat (29/5).


Kedua belah pihak telah mulai memetakan inisiatif dan program jangka panjang untuk meningkatkan pariwisata dan membantu UMKM Ekraf pascapandemi Covid-19 atau dimulainya periode 'New Normal'.

Dalam hal ini, Grab akan mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang merupakan program percontohan kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk mendukung pertumbuhan UMKM Ekraf di tengah pandemi COVID-19.

Dukungan yang diberikan antara lain, pendampingan proses onboarding mitra-mitra UMKM ke layanan GrabFood dan GrabMart; skema kerja sama yang disesuaikan untuk para mitra #BeliKreatifLokal yang terdaftar di GrabFood dan GrabMart.

Kemudian, notifikasi khusus #BeliKreatifLokal di GrabFood untuk meningkatkan visibilitas mitra UMKM kepada pengguna; serta dukungan program pemasaran dan jalur komunikasi bagi mitra UMKM di layanan GrabFood dan GrabMart.


Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selain dukungan bagi gerakan #BeliKreatifLokal, kedua belah pihak telah membentuk kolaborasi strategis yang berfokus pada:

1. Kerja sama co-branding yang dilakukan oleh Grab dan Kemenparekraf melalui program promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Promosi tersebut dipasang dalam aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di Asia Tenggara.

2. Dukungan destinasi wisata super prioritas Kemenparekraf melalui layanan Grab seperti GrabCar Airport, GrabCar dan GrabBike, layanan pesan-antar makanan oleh GrabFood untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan seluruh upaya tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di sektor terkait agar dapat bangkit dan kembali menyokong perekonomian bangsa.

"Dengan menggandeng mitra yang lebih banyak, seperti kerja sama dengan Grab Indonesia ini, akan semakin mengoptimalkan program dan memberikan bantuan untuk meningkatkan produktivitas pelaku ekraf," ujar Wishnutama.

(fef/fef)

[Gambas:Video CNN]