Tips Teknologi

5 Aplikasi Pembersih Memori atau RAM untuk Ponsel Android

CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 07:10 WIB
Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan Samsung Galaxy Note9 bagi konsumen di Indonesia, Jakarta (24). Harga Smartphone Galaxy Note 9 ini dibandrol Rp 13,5 juta untuk memori 128GB/6 RAM, dan Rp 17.9 juta untuk memori 512GB/8 RAM. (CNN Indonesia/ Hesti Rika) Ilustrasi ponsel android. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebanyakan orang hanya berpikir untuk membersihkan ponsel dari cache dan sebagainya ketika ada sesuatu yang salah. Perangkat Android memang cukup pintar sehingga pemeliharaan rutin tidak diperlukan, tetapi masih merupakan ide yang baik untuk melakukannya sesekali.

Sebab, menganggap remeh langkah untuk mengorganisir memori atau Random Access Memory (RAM) bisa membuat kinerja ponsel melambat.

Cara untuk melakukan pembersihan ponsel Android agar dapat bekerja adalah dengan menggunakan sejumlah aplikasi pembersih yang tersedia di Play Store. Namun, Anda harus hati-hati memiliki karena aplikasi pembersih yang buruk akan membuang ruang penyimpanan.


Bahkan, jika salah memilih bisa menginfeksi ponsel anda dengan malware dan spam. Berikut adalah aplikasi pembersihan terbaik untuk ponsel dan tablet Android yang harus Anda coba:


1. Droid Optimizer

Melansir MakeUseOf, Droid Optimizer adalah salah satu aplikasi pembersih Android paling terkenal dengan lebih dari satu juta unduhan di Google Play Store. Sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula.

Aplikasi itu menawarkan 'sistem peringkat' yang dirancang untuk memotivasi Anda dalam menjaga perangkat agar dalam kondisi prima.

Hanya butuh satu ketukan untuk memulai pembersihan telepon. Aplikasi itu akan memperlihatkan statistik dan kondisi RAM sebagai acuan Anda mengambil tindakan.

Droid Optimizer juga memungkinkan Anda mengatur pembersihan rutin dan otomatis. Pembersihan otomatis akan membersihkan cache, menghentikan aplikasi latar belakang, dan menghapus file yang tidak perlu.

Pengoptimal Droid juga dapat menghapus aplikasi secara massal yang berguna jika Anda ingin membuat ruang dengan cepat.

2. CCleaner

CCleaner adalah aplikasi yang pembersihan ruang desktop yang juga tersedia untuk Android. CCleaner di Android adalah aplikasi multifungsi yang melakukan yang terbaik untuk menganalisis dan membersihkan file-file liar yang menghabiskan ruang penyimpanan.

Fungsi utama CCleaner adalah menghapus data cache dari aplikasi, membersihkan folder kosong, dan menghapus berbagai riwayat.

Aplikasi itu juga memiliki fitur App Manager yang menawarkan penggunanya untuk memilih beberapa aplikasi untuk dihapus. Info Sistem pada aplikasi itu juga dapat memonitor sumber daya ponsel Anda, misalnya CPU, RAM, detail perangkat sehingga dapat melihat apa yang sedang berjalan dengan cepat.


3. All-in-One Toolbox

All-In-One Toolbox adalah aplikasi yang dapat membersihkan file tidak penting, serta memonitor baterai dan suhu CPU ponsel Android. Hanya perlu satu ketukan untuk menganalisis perangkat dan ketukan lain untuk menghapus.

Fitur Boost pada aplikasi itu untuk membersihkan cache dan menutup aplikasi latar belakang. Anda dapat mengatur secara otomatis dengan fungsi Boost +.

Sesuai dengan namanya, aplikasi itu juga menyediakan fitur penghemat baterai, penghapus aplikasi massal, hingga menganalisis WiFi.

4. Norton Clean

Melansir Tom's Guide, Norton Clean memiliki fitur pembersih file sampah seperti cache, file APK yang usang, dan sisa sisa lainnya. Aplikasi itu bisa membebaskan ruang penyimpanan dan memori dengan membersihkan sampah. Norton Clean juga menyertakan manajer aplikasi untuk menghapus bloatware atau aplikasi yang tidak diinginkan.

5. Files by Google

Files by Google diklaim bukan hanya sekedar memberi akses cepat ke foto, video, dan dokumen yang telah disimpan di ponsel. Aplikasi itu juga dapat membantu melacak dan menghapus file sampah yang dapat menyumbat penyimpanan pada ponsel.

Files by Google hanya memerlukan beberapa ketukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada ponsel Android. Selain itu, aplikasi tersebut dapat memeriksa ruang penyimpanan yang tersedia di internal ponsel maupun pada kartu microSD.

(jps/DAL)

[Gambas:Video CNN]