Internet Bekasi Terbaik di Pulau Jawa buat Streaming Video

jnp, CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 08:54 WIB
Sejumlah warga Karet Tengsin nonton bareng live streaming debat capres keempat , Jakarta, 30 Maret 2019. Debat keempat capres kali ini membahas tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (CNN Indonesia/ Hesti Rika) Ilustrasi (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laporan Opensignal menunjukkan kualitas streaming video lewat jaringan internet seluler di Bekasi terbaik di antara kota lain di Pulau Jawa. Kualitas video streaming di ponsel di kota ini lebih baik dibanding, Surabaya, Bandung, bahkan Jakarta.

Nilai tertinggi di pulau Jawa adalah Kota Bekasi (60,3) pada peringkat ke 19, Surabaya di peringkat ke-22 dan  Bandung di peringkat ke- 26. Ibu kota Jakarta berada di peringkat ke-28. Opensignal merupakan perusahaan yang menyediakan layanan analisis soal kecepatan internet dunia. 

Meski demikian, kualitas streaming video di Bekasi dan kota-kota besar di Jawa ternyata bukan yang terbaik. Berdasarkan laporan Opensignal ternyata pengguna di Kota Sorong menikmati streaming video pada telepon seluler dengan kualitas terbaik di Indonesia, diikuti oleh Ambon dan Jayapura.


Kota-kota di pulau Jawa pun tak ada yang masuk 10 besar dengan kualitas streaming video terbaik di Indonesia. Kota-kota dengan kualitas terbaik justru ada di luar Jawa.

Dari survey itu, Bekasi mendapatkan skor 60,3 yang masuk kategori 'Baik'. Setara dengan pengalaman video streaming seluler di Medan yang juga memiliki skor 603. Sementara kota di wilayah Jawa lain seperti Tangerang Selatan punya skor 59,9, Surabaya dengan skor 59,8, Bandung dengan skor 59,6, dan Jakarta dengan skor 59,1.

Sementara Sorong, Ambon dan Jayapura, masing-masing memiliki skor 68,1, 67,4, dan 65 sehingga ketiganya berada di kategori peringkat 'Very Good'. Ini berarti bahwa pengguna di tiga kota ini rata-rata mengalami waktu pemuatan (loading) yang lebih cepat dan hanya lamban sesekali dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Pengguna di 40 kota dalam laporan merasakan pengalaman streaming video yang baik (good), dengan skor antara 55-65 poin. Artinya, banyak pengguna di daerah perkotaan Indonesia yang menikmati pengalaman streaming video yang mencukupi pada resolusi lebih rendah, namun loading masih lambat dan terhenti khususnya pada resolusi tinggi.

Hal ini berdasarkan survei Opensignal yang dilakukan di 44 kota besar di Indonesia pada 1 Januari hingga 31 Maret 2020. Pengalaman video streaming konsumen berkaitan erat dengan kecepatan internet.

Semakin tinggi permintaan konsumen terhadap layanan video streaming, semakin buruk pula kualitas video akibat penurunan kapasitas jaringan untuk menampung semua lalu lintas pengguna. Ibarat jalanan, makin banyak mobil yang ada di ruas jalan, maka jalanan itu bakal macet.

Sehingga, operator cenderung memusatkan peningkatan kapasitas jaringan di kota-kota besar lantaran lebih banyak pengguna. Meski demikian, peningkatan jaringan ini terkadang tidak dapat mengungguli permintaan konsumsi data yang semakin meningkat di kota metropolitan yang berpenduduk padat dan tingkat konsumsi internet yang tinggi. (eks/eks)

[Gambas:Video CNN]