Coba Fitur Terbaru GrabFood, Pesan Makan Pakai Teknologi AI

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 11:08 WIB
Ilustrasi anak mewarnai buku gambar Grab Delivery Doodles menggunakan teknologi Artificial Intelligence milik Google yang bisa menyulap gambar menjadi pesanan makanan sesungguhnya. (Foto: kaleido-dp/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab baru saja meluncurkan fitur teranyar yakni GrabFood Delivery Doodles di Indonesia. Fitur ini memungkinkan pelanggan menjajal pengalaman baru dan seru dalam memesan makanan.

Grab Delivery Doodles menggunakan teknologi Artificial Intelligence/AI (Kecerdasan Buatan) milik Google untuk menyulap gambar makanan favorit anak-anak menjadi pesanan makanan sesungguhnya yang diwujudkan melalui layanan GrabFood.

Country Head of Marketing Grab Indonesia Daniel Van Leeuwen mengaku senang fitur inovatif ini telah tersedia di aplikasi Grab untuk mengusir rasa bosan pelanggan beserta anak-anak Indonesia selama #dirumahaja.


"Kami sangat senang dapat menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan untuk keluarga Indonesia lewat pemanfaatan teknologi. Dengan fitur GrabFood Delivery Doodles, anak-anak Indonesia dapat mengubah gambar dari beragam jenis santapan favorit khas Nusantara menjadi pesanan makanan, yang juga menjadi wujud dukungan terhadap mitra merchant kami," ujar Daniel melalui keterangan resminya, Senin (2/6).

Anak-anak hanya perlu menggambar makanan yang diinginkan, kemudian pindai hasil gambar mereka menggunakan fitur Delivery Doodles terbaru dalam aplikasi Grab. Delivery Doodles akan memprediksi gambar makanan tersebut dan memberikan rekomendasi sejumlah restoran terdekat yang memiliki makanan yang dimau dalam daftar menu.

Sementara itu, Managing Director Asia-Pacific Operations Google Aurélien Pichon mengatakan GrabFood Delivery Doodles dibangun menggunakan model machine learning yang dapat mengenali gambar aneka macam hidangan lokal Indonesia yang populer seperti martabak, nasi goreng, ayam geprek, dan sebagainya.

"Teknologi pendukung Grab Delivery Doodles adalah model machine learning yang telah dikostumisasi dan dijalankan dalam sebuah perangkat secara near real-time. Kami harap fitur ini akan bermanfaat dan juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi para keluarga yang kini menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, seraya membantu keberlangsungan bisnis di seluruh kawasan," kata Aurélien.

Berikut cara menggunakan Grab Delivery Doodle:
1. Ambil secarik kertas putih dan pensil, krayon, atau spidol berwarna
2. Gambar yang ingin dimakan
3. Foto dengan kameramu
4. Jika gambarmu sudah siap, klik tombol 'SIAP' untuk mulai melakukan pesan makanan (fef)

[Gambas:Video CNN]