Blunder Google Bocorkan Android 11 untuk Pengguna Pixel

CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 04:54 WIB
Logo Google Ilustrasi Google. (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google membuat kesalahan besar karena meluncurkan Android 11 Beta ke beberapa pengguna ponsel Google Pixel. Sesungguhnya Google berencana untuk meluncurkan Android 11 ke publik pada 3 Juni mendatang saat Google I/O Developers Conference.

Akan tetapi acara tersebut kembali ditunda akibat eskalasi kerusuhan di Amerika Serikat sebagai buntut kematian George Floyd. Takdir berkata lain, dua pengguna Pixel 4 XL mendapat Android 11 beta pertama.

Kejadian ini pernah terjadi pada 2016 saat beberapa pengguna Nexus 6P mendapat Android 7.0 yang belum rilis resmi. Akan tetapi, pembaruan tersebut adalah internal dogfood build yang menandakan 'rahasia internal'.


Dilansir dari Phone Arena, di pembaruan Android 11 beta ini tak ada label yang menandakan bahwa versi beta ini adalah rahasia internal. Hal ini menunjukkan bahwa versi beta Android 11 yang bocor ditujukan untuk konsumsi publik.


Dilansir dari GSMArena, beberapa fitur terbaru Android 11 bisa terlihat dari bocoran ini. Pertama adalah power menu.



Beberapa desain ikon aplikasi di home screen termasuk pebble, vessel, dan  tapered rectangle. Ada "Bubble menu"  yang membuat pengguna bisa mengecilkan aplikasi menjadi sebuah gelembung yang terbang di sekitar tampilan pengguna (UI).



Rekomendasi aplikasi di  Pixel Launcher yang saat ini berada di barisan atas app drawer bisa ditaruh di bawah home screen.



Sebelumnya, satu pembaruan yang bisa digunakan pengguna Android 11 adalah kemampuan untuk membatalkan atau mengembalikan aplikasi terbaru yang sudah ditutup (close).

Dalam video singkat di YouTube terlihat bahwa mengembalikan aplikasi yang ditutup itu sederhana. Sama seperti ketika melakukan usapan ke atas untuk menutupnya, usapan ke bawah segera setelah gerakan awal ternyata dapat mengembalikan aplikasi yang sudah ditutup tersebut.

[Gambas:Youtube]

Melansir Android Authority, fitur hanya berfungsi pada satu waktu penutupan. Jika tidak melakukan swipe segera setelah menutup aplikasi, pengguna tidak akan bisa mengembalikannya aplikasi yang telah ditutup.



(jnp/DAL)

[Gambas:Video CNN]