Cara Isi Bensin New Normal, Tak Perlu Turun dari Mobil

CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 12:39 WIB
Sejumlah pengendara saat mengisi bahan bakar di SPBU Coco kawasan Kuningan, Jakarta, Selasa, 20 Maret 2018. Pemerintah kembali meneruskan Program BBM Satu Harga di tahun 2018 ini, Melalui program BBM satu harga, pemerintah bersama Pertamina berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia. Ini merupakan salah satu agenda prioritas pemerintahan Jokowi-JK yang termasuk dalam Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 
Sesuai roadmap BBM satu harga, pada tahun 2018 akan didirikan 73 lembaga penyalur terdiri dari 67 lembaga penyalur PT. Pertamina (Persero) dan enam lembaga penyalur PT. AKR Corporindo Tbk. SPBU BBM satu harga saat ini sudah ke-58 dan 59 yang telah beroperasi secara nasional.CNN Indonesia/Andry Novelino Konsumen direkomendasikan tak perlu keluar dari mobil saat isi bensin di SPBU. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Konsumen direkomendasikan tidak keluar mobil ketika isi bahan bakar di SPBU. Hal itu merupakan bagian Standar Operasional Prosedur (SOP) pengisian bahan bakar baru dari Pertamina buat lebih dari 7.000 SPBU untuk menghadapi masa new normal.

Konsumen diminta tidak turun dari mobil untuk mengurangi kontak fisik dengan petugas. Pertamina menyebut bila perlu turun, konsumen wajib berdiri di sisi mobil sambil menjaga jarak aman minimal 1 m dengan petugas.

Buat sebagian orang turun dari mobil saat mengisi bensin merupakan wujud kesopanan. Hal seperti ini sebaiknya dihindari semasa new normal demi kesehatan.


Sementara buat pengendara sepeda motor diwajibkan turun dari motor saat mengisi bensin, kemudian berdiri di samping motor yang berseberangan dengan petugas.

Pembayaran direkomendasikan menggunakan cara non tunai. Jika mesti tunai dianjurkan membayar jumlah pas agar tidak ada kembalian.

Seperti diketahui virus corona (Covid-19) bisa bertahan hidup di benda mati, misalnya pada uang kertas. Ada kemungkinan Seseorang tertular ketika beraktivitas menyentuh mata, hidung, atau mulut setelah memegang uang kembalian.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan protokol new normal merupakan penyempurnaan protokol antisipasi Covid-19 yang sudah diterapkan. Protokol yang sudah dilakukan dan akan dilanjutkan yakni kewajiban petugas memakai masker dan sarung tangan serta berkala dicek suhu tubuhnya.

Selain itu Pertamina juga menyebut dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara rutin mulai dari dispenser BBM, fasilitas toilet, hingga musala yang ada di SPBU. Pelanggan juga dianjurkan untuk tetap menggunakan masker sesuai dengan ketentuan Pemerintah.

"Kami juga menerapkan kewajiban untuk menjaga jarak aman baik antara petugas SPBU dengan pelanggan maupun antar pelanggan," kata Fajriyah mengutip keterangan resminya, Rabu (3/6). (ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]