Wikipedia Buka Suara Soal Artikel Sejarah PKI

CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 15:36 WIB
Buku PKI Apa dan Bagaimana? karangan Rizieq Shihab Wikipedia berkomentar soal penyuntingan artikel sejarah PKI di situsnya. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wikipedia mengatakan pihaknya netral dan tidak menerima segala bentuk imbalan dalam setiap artikel yang diterbitkan di situsnya terkait dengan isu penyuntingan artikel tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terdapat di situs itu.

Wikipedia menjelaskan semua artikel di situs itu diproduksi oleh para kontributor sebagai bentuk kolaborasi dan sukarela. 

Selain itu, sebagian besar merupakan terjemahan dari Wikipedia bahasa Inggris dengan judul "Indonesian mass killings of 1965-66". 

"Artikel yang sama juga tersedia dalam Wikipedia bahasa Arab, Wikipedia bahasa Korea, Wikipedia bahasa Turki, dan Wikipedia bahasa-bahasa lainnya," kata juru bicara Wikipedia dalam keterangan resmi, Jumat (5/6).


Sebelumnya, jagat media sosial Twitter diramaikan oleh informasi mengenai perubahan artikel tentang Partai Komunis Indonesia (PKI) yang terdapat di Wikipedia. Tagar #boikotwikipedia pun muncul pasca kejadian tersebut.

Pada situs Wikipedia, jejak sejarah PKI diketahui mengalami perubahan. Dalam situs itu, PKI disebutkan sebagai korban. Singkat cerita, mantan Presiden Suharto dinilai sebagai otak dari pembantaian di Indonesia pada tahun 1965-1966.

Artikel dalam bahasa Indonesia tersebut memiliki lebih dari 80 referensi yang kredibilitasnya dapat diperiksa oleh siapa saja. Sebagai bahan perbandingan, pembaca dapat memperoleh lebih banyak referensi tentang topik tersebut di Wikipedia bahasa Inggris yang memiliki lebih dari 200 catatan kaki dan referensi

Komunitas Wikipedia terbuka bagi siapa pun yang ingin merevisi artikel tersebut dengan menyertakan referensi yang kredibel. Karena sifatnya yang kontroversial, artikel pembantaian 1965-1966 telah diberi semi-perlindungan sejak 30 September 2011.

Dalam pengusulan perubahan yang spesifik terhadap kalimat atau paragraf tertentu, pengguna bisa melakukannya melalui halaman pembicaraan artikel tersebut untuk mendiskusikannya. Penyuntingan juga disarankan dilakukan sebagai pengguna terdaftar.

Wikipedia menjelaskan artikel diedit oleh kontributor sukarelawan yang memiliki beberapa sebutan. Yang paling sering diketahui yaitu Pengguna dan Pengurus. 

Pengguna (juga disebut Wikipediawan), maupun Pengurus yang dipercaya oleh komunitas untuk mendapat hak-hak tambahan, seperti melindungi halaman, menghapus halaman, memblokir perusak konten.

Wikipedia mengatakan para pengguna dapat melakukan suntingan secara anonim (tanpa mendaftar) maupun dengan membuat akun.

Hingga tulisan ini dibuat, terdapat lebih dari 1 juta Pengguna terdaftar di Wikipedia bahasa Indonesia. 3 ribu di antaranya adalah  pengguna aktif, dengan rata-rata 200 juta pembaca setiap bulannya. Hingga saat ini terdapat terdapat 532.454 artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Artikel Wikipedia diproduksi oleh para kontributor secara kolaboratif dan sukarela. Oleh karena itu, artikel Wikipedia bersifat dinamis dan dapat berkembang sangat cepat atau sangat lambat tergantung kemampuan kontributor sukarelawan.

Semua suntingan yang terjadi di Wikipedia dapat dilihat oleh semua pembaca dan diawasi oleh para Pengguna beserta Pengurus melalui halaman Perubahan terbaru maupun Daftar pantauan.

Banyaknya artikel yang harus diawasi, Pengurus dan Pengguna biasanya memberikan tanda peringatan pada artikel-artikel yang masih bermasalah.

Tanda peringatan tersebut penting agar pembaca bijaksana dalam mencerna artikel-artikel Wikipedia dan tidak menelan informasi di dalamnya secara mentah-mentah.

Tanda peringatan tersebut juga mengajak pembaca yang memiliki latar belakang akademis untuk menjadi kontributor guna memperbaiki masalah pada artikel tersebut agar kenetralan artikel dapat tercapai. Kualitas artikel pun menjadi beragam, mulai dari artikel rintisan hingga artikel pilihan.

Wikipedia ajak pengguna revisi artikel

Wikipedia mengatakan mengibaratkan Wikipedia merupakan dapur pengetahuan bersama. Ada kalanya masakan yang disajikan kurang lengkap karena bahan yang dimiliki kurang, ada kalanya sajian yang dihidangkan lengkap dan pas.

Oleh karena itu, Wikipedia berharap apabila para pembaca menemukan artikel yang disajikan kurang lengkap dan dirasa membutuhkan perbaikan, pembaca bisa mendaftar dan bergabung dengan komunitas.

Wikipedia mengatakan bersifat sebagai sumber tersier, artinya para kontributor mengumpulkan atau meringkas informasi dari sumber-sumber primer maupun sekunder, misalnya jurnal penelitian, buku, majalah, koran yang kredibel.

Wikipedia mengakui, sebagai sumber tersier, situsnya belum layak dijadikan referensi dalam penelitian akademis. Akan tetapi, Wikipedia bisa digunakan sebagai bacaan pembuka wawasan bagi kalangan awam.

Semua artikel yang ada di Wikipedia menyertakan referensi dari sumber primer atau sekunder yang kredibel sehingga dapat dilacak kebenaran informasinya oleh siapa saja. (jnp/eks)

[Gambas:Video CNN]