Iklan Kampanye Trump Pakai Misi SpaceX Ditarik dari Youtube

CNN Indonesia | Senin, 08/06/2020 00:28 WIB
In this photo provided by NASA, a SpaceX Falcon 9 rocket carrying the company's Crew Dragon spacecraft is launched from Launch Complex 39A on NASA's SpaceX Demo-2 mission to the International Space Station with NASA astronauts Robert Behnken and Douglas Hurley onboard, Saturday, May 30, 2020, at NASA's Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Florida. (Bill Ingalls/NASA via AP) Iklan kampanye pilpres Donald Trump menggunakan roket dan kapsul SpaceX dinilai melanggar kebijakan peraturan NASA. Ilustrasi. (AP/Bill Ingalls).
Jakarta, CNN Indonesia -- Iklan kampanye Presiden AS Donald Trump yang menampilkan misi menerbangkan dua astronaut NASA menggunakan roket dan kapsul SpaceX ditarik dari Youtube. Alasannya, iklan bertajuk 'Make Space Great Again' itu dinilai melanggar kebijakan badan antariksa AS itu soal iklan.

Sebab, iklan itu tak hanya menampilkan cuplikan saat SpaceX berhasil menempatkan dua astronaut di Stasiun Internasional Luar Angkasa (ISS). Tim kampanye Trump juga menyematkan video soal misi Apollo.

NASA sebetulnya mengizinkan siapa saja yang ingin menggunakan gambar atau video yang berhubungan dengan misi mereka. Namun, mereka melarang untuk menggunakan foto astronaut di dalam konten iklan.


"Sebagai badan pemerintah, NASA tidak akan mempromosikan atau mendukung produk, layanan, dan aktivitas komersial. Oleh karena itu, ada batasan ketat yang ditetapkan pada penggunaan identitas NASA dan gambar emblem dalam iklan," tulis peraturan tersebut dikutip AFP, Minggu (7/6).

"Astronaut atau karyawan yang saat ini dipekerjakan oleh NASA, tidak diizinkan untuk ditampilkan dalam iklan atau materi pemasaran apa pun," tulis NASA menambahkan.

Sebelum ditarik dari Youtube, tim kampanye Trump dibanjiri protes dari banyak kalangan. Bahkan, ada yang membuat petisi di laman Change.org untuk menghentikan Trump mempolitisasi pencapaian SpaceX dan NASA.

Infografis Misi NASA ke Luar AngkasaFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
The New York Times pun menggambarkan iklan video Trump sebagai upaya terbaru Presiden AS ke-45 itu untuk mengatur kebijakan ruang angkasa Negeri Paman Sam.

Diketahui, Trump memiliki ambisi besar untuk menghidupkan kembali kedigdayaan AS dalam perlombaan capaian di luar angkasa. Misalnya, ia mendorong NASA kembali mendaratkan manusia di bulan, setelah terakhir kali dilakukan pada 1972 lewat proyek Apollo.

Dia bahkan menyebut pendaratan di bulan itu sebagai proses awal pengiriman manusia ke Mars. Trump juga sudah membentuk angkatan luar angkasa sebagai cabang baru militer AS.

Sebelumnya, dua astronaut NASA, yaitu Robert Behnken (49) dan Douglas Hurley (53), berhasil mencapai ISS menggunakan roket Falcon 9 pada 30 Mei.

Falcon 9 meluncur pada pukul 15.22 (19.22 GMT) dari lokasi peluncuran 39A milik NASA di Kennedy Space Center, Florida, AS. Lokasi 39A pernah dipakai Neil Armstrong saat misi Apollo 11 menuju Bulan pada 1969.

Roket ini berhasil mendorong kapsul Crew Dragon yang membawa Behnken dan Douglas ke udara. Setelah 2,5 menit peluncuran, tahap kedua pelontaran berjalan lancar. Falcon 9 sukses mendarat dengan tegak di sebuah platform di Samudera Atlantik.

Setelah tiba di ISS mereka akan bergabung bersama astronaut asal Rusia, yaitu Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner.

Misi SpaceX ini menjadi titik sejarah perusahaan swasta yang bisa menerbangkan astronaut ke luar angkasa. Bagi AS perjalanan Behnken dan Douglas merupakan yang pertama dilakukan dari tanah air sendiri sejak 2011.

(din/bir)

[Gambas:Video CNN]