Gelar Grand Try Out, Zenius Bantu Calon Mahasiswa Raih Mimpi

Zenius, CNN Indonesia | Senin, 08/06/2020 18:45 WIB
Ilustrasi Belajar Ilustrasi ujian. (Foto: robarmstrong2/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Zenius Education mengumumkan membuka registrasi Grand Try Out untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mulai 3 Juni 2020 dan akan pertama kali dilaksanakan pada 9 Juni 2020. Para siswa dapat mengikuti Grand Try Out secara gratis lewat aplikasi Zenius.

Bertujuan untuk membantu siswa lolos UTBK sebagai syarat masuk perguruan tinggi yang diimpikan, Grand Try Out yang merupakan bentuk kerja sama antara Zenius dengan Gojek, dan didukung oleh PasarPolis itu disebut sebagai bagian dari komitmen Indonesia Tetap Belajar. Kegiatan ini dapat diikuti ratusan ribu calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Chief Education Officer Zenius Education Sabda PS menjelaskan, Grand Try Out akan memiliki atmosfer kompetisi selayaknya UTBK sesungguhnya, sehingga peserta dapat menyiapkan diri menghadapi tingkat kesulitan ujian persis UTBK, untuk berlatih mengelola waktu dalam setiap bagian soal dan pertanyaan. Pengguna Zenius yang tersebar di seluruh Indonesia diharapkan berpartisipasi agar memiliki semangat juang dalam memperebutkan bangku di kampus yang diinginkan.
"Sebagai pionir edtech di Indonesia, Zenius Education telah hadir di berbagai tahapan belajar siswa-siswi Indonesia, termasuk untuk para calon mahasiswa yang bersiap menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Saat ini merupakan periode yang krusial bagi mereka, dan kami ingin situasi pandemi tidak menjadi penghalang bagi para calon mahasiswa untuk mencapai impiannya kuliah di perguruan tinggi terbaik di negeri ini. Grand Try Out ini akan dilakukan secara online dan kami rancang khusus agar menyerupai UTBK yang sesungguhnya, mulai dari tingkat kesulitan soal hingga waktu pengerjaan, sehingga para calon mahasiswa bisa lebih siap meraih sukses di UTBK 2020," kata Sabda.


Tak hanya satu kali, Zenius mengadakan empat kali Grand Try Out, yaitu pada 9, 15, 22, dan 29 Juni. Zenius menyediakan beasiswa pendidikan dengan total nilai lebih dari 1 miliar rupiah di perguruan tinggi pilihan siswa untuk 100 peserta dengan nilai tertinggi. Secara spesifik, beasiswa untuk terbaik 1-10 masing-masing senilai Rp30 juta, terbaik 11-30 senilai Rp10 juta, dan terbaik 31-100 senilai Rp5 juta.

Sementara 200 peserta dengan skor tertinggi, termasuk 100 yang mendapat beasiswa di atas, juga akan mendapat asuransi kesehatan selama satu tahun dari PasarPolis, mencakup perlindungan untuk kecelakaan dan pengobatan senilai puluhan juta rupiah. Selain itu, 200 peserta yang mencatat nilai tertinggi di setiap sesi try out berhak mendapat asuransi layar ponser pintar berdurasi enam bulan.

"Tidak hanya membantu proses persiapan UTBK lewat soal-soal try out, kami harap dengan dihadirkannya hadiah berupa beasiswa, akan ada lebih banyak lagi lulusan SMA yang tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi dan para calon mahasiswa ini akan semakin termotivasi untuk meraih cita-cita mereka dengan mempersiapkan diri secara serius menghadapi tes masuk perguruan tinggi. Zenius pun siap untuk menjadi bagian dari proses tersebut dan melihat lebih banyak siswa-siswi Indonesia yang sukses mencapai impiannya," ujar Sabda.
Ia menambahkan, "Baik Zenius maupun Gojek dan PasarPolis percaya bahwa pemberian beasiswa dan perlindungan asuransi ini dapat membantu para calon mahasiswa mempersiapkan masa depan mereka di tengah kondisi pandemi Covid-19."

Sabda menegaskan, sekalipun diselenggarakan secara daring lewat aplikasi Zenius, Grand Try Out tetap disiplin, termasuk untuk durasi waktu pengerjaan, di mana ujian diadakan serentak dan peserta baru akan bisa mengerjakan soal tepat pada jam 19.00 hingga 21.00 WIB. Selain soal-soal try out, peserta bisa mendapatkan kisi-kisi UTBK, video pembahasan soal, serta memantau hasil Try Out tertinggi di Leaderboard. (rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK